Dindikpora Kabupaten Brebes Salurkan Bansos Bidikmisi ke 787 Mahasiswa

Dindikpora Kabupaten Brebes Salurkan Bansos Bidikmisi ke 787 Mahasiswa

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) menyalurkan bantuan sosial (bansos) Bidikmisi ke ratusan mahasiswa. Data dari Dindikpora, sedikitnya ada 787 mahasiswa yang tahun ini mendapatkan bansos tersebut. 

Kepala Plt Dindikpora Rojat melalui Kabid Pora Fajar Adi Widiarso mengatakan, program Bidikmisi ini merupakan wujud nyata komitmen pemerintah dalam membantu biaya pendidikan bagi mahasiswa yang berprestasi dan berasal dari keluarga yang kurang mampu. 

Apalagi, Bansos Bidikmisi merupakan program unggulan Pemkab Brebes dalam meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). 

"2021 ini dari kuota 800 mahasiswa (dengan anggaran Rp2 miliar) terrealisasi sebanyak 787 mahasiswa yang menerima bantuan. Dengan total realisasi anggaran Rp1.967.500.000. Di mana, tiap mahasiswanya sebesar Rp2,5 juta," ungkapnya, Rabu (29/12). 

Dijelaskannya, penyaluran Bansos Bidikmisi ini diserahkan langsung kepada penerima dengan cara ditransfer langsung ke penerima. 

Dengan harapan, unggulan Bidikmisi Kabupaten Brebes dapat konsisten dan diteruskan pada tahun-tahun yang akan datang. 

"Kita harapkan penerima Bansos Bidikmisi ini bisa terus membawa nama baik Kabupaten Brebes, baik itu di tingkat provinsi maupun nasional," terangnya. 

Selain menyerahkan Bansos Bidikmisi, pihaknya juga memberikan piagam dan penghargaan bagi pemuda pelopor dan organisasi kepemudaan berprestasi tingkat kabupaten. 

Ajang ini bertujuan untuk memicu dan menumbuhkan semangat pemuda untuk peduli dan memberikan sosialisasi masalah yang terjadi di lingkungan. 

"Dengan program kepeloporan yang ditekuni para pemuda pelopor dan organisasi kepemudaan bisa tetap lestari atau sustainable hingga terwujud Pemuda Unggul, Brebes Maju," terangnya. 

Seperti diketahui, dalam kegiatan tersebut, dindikpora juga melakukan pelepasan Pengembangan Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda (PKKP) Brebes 2021. 

Di mana, PKKP merupakan program dari Pemprov Jateng dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk memandirikan pemuda, menanamkan kepedulian dan kepeloporan pemuda. 

"Program PKKP dilaksanakan di 14 kabupaten/kota di Jawa Tengah, salah satunya Brebes. Di mana, ada 14 anggota PKKP di Brebes yang ditugaskan di tujuh desa di dua kecamatan yang ada di Brebes," ucapnya. 

Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, Pemkab Brebes terus berkomitmen memberikan dukungan terhadap pemberian Bansos Bidikmisi ini. Apalagi, program tersebut telah berlangsung sejak 2017 hingga 2021 ini. 

Sumber: