Wali Kota Tegal Dedy Yon Sidak Makanan dan Minuman di Pusat-pusat Perbelanjaan

Wali Kota Tegal Dedy Yon Sidak Makanan dan Minuman di Pusat-pusat Perbelanjaan

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono didampingi sejumlah pejabat melakukan inspeksi mendadak (sidak) makanan dan minuman di sejumlah pusat perbelanjaan, Selasa (21/12) siang. 

Hal itu dilakukan untuk memastikan makanan yang akan dikonsumsi saat perayaan Natal dan tahun baru (Nataru) aman bagi masyarakat. 

Adapun sasaran sidak yakni Mall, Pasar Pagi Kota Tegal, toko kelontong dan beberapa mini market. Selain keamanan, sidak juga dilakukan untuk memantau harga pasar dan manmin kedaluwarsa, menjelang Nataru 2022. 

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengatakan, sidak dilakukan untuk memantau harga pasar dan masa kedaluwarsa makanan dan minuman. Utamanya, menjelang perayaan Nataru. 

“Ini merupakan sidak untuk memantau harga pasar dan manmin kedaluwarsa, menjelang Nataru 2022,” katanya. 

Hasilnya, kata Dedy, ada sejumlah makanan yang kemasannya dalam kondisi rusak. Namun itu masih bisa dilakukan return kepada distributor. 

"Kita juga melakukan uji laboratorium yang dilakukan langsung di tempat. Untuk beberapa sampel makanan yakni kerupuk rambak, dan kerupuk bahan untuk membuat seblak. Hasil uji laboratorium tersebut tidak ditemukan adanya kandungan zat yang berbahaya," jelasnya. 

Dedy Yon mengatakan, untuk manmin relatif aman dikonsumsi. Jika ditemukan satu atau dua item jajanan yang kedaluwarsa itu masih relatif aman. Salah satunya adalah ditemukan jajanan yang kedaluwarsa. 

"Karena ada makanan yang kedaluwarsanya dalam waktu dekat, ada pula yang sudah lewat tetapi belum terlalu lama," ujarnya. 

Dedy Yon mengimbau kepada masyarakat agar dalam membeli sesuatu harus secara cermat mengecek batas waktu kedaluwarsa. Karena kecerobohan masyarakat jika tidak cermat, bisa membahayakan kesehatan keluarga. 

"Karena apabila mengkonsumsi makanan kedaluwarsa, tidak layak atau mengandung zat-zat yang membahayakan,” pungkasnya. (muj/imw)

Sumber: