Cegah Klaster Covid-19 di Kota Tegal, Pengamanan Nataru sampai RT/RW Gunakan Siskamling

Cegah Klaster Covid-19 di Kota Tegal, Pengamanan Nataru sampai RT/RW Gunakan Siskamling

Pencegahan klaster penyebaran Covid-19 gelombang tiga di Kota Tegal, mulai disiapkan TNI-Polri beserta Pemkot Tegal menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Nantinya, pengamanan dilakukan hingga tingkat RT/RW melalui kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling). 

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat saat memimpin apel gelar tiga pilar, Senin (13/12), mengatakan Kota Bahari merupakan wilayah yang strategis. Yakni menjadi penghubung perekonomian lintas nasional dan regional di jalur pantura.

Kondisi ini, otomatis menjadikan daya tarik bagi semua orang untuk datang ke Kota Tegal. 

"Ini dapat menyebabkan timbulnya berbagai gangguan kamtibmas. Termasuk di dalamnya penyebaran virus Covid-19. Khususnya di saat menjalang Natal dan Tahun Baru seperti sekarang ini," katanya. 

Karenanya, kata Rahmad, telah disiapkan berbagai langkah dan strategi untuk pencegahan serta penanggulangan yang cepat dan tepat oleh Pemerintah Daerah bersama jajaran TNI-Polri.

Nantinya, akan disiapkan personel dan sejumpah pos pengamanan. Bahkan sampai di tingkat RW dan RT dengan mengoptimalkan siskamling.

Di antaranya dengan memastikan pelaksanaan penerapan protokol kesehatan (prokes), seperti memghindari kerumunan, jaga jarak, penggunaan masker. Selain itu juga mengajak warga bersama-sama melakukan pengawasan dan pelacakan orang-orang baru di wilayah RT dan RW-nya. 

"Kita berharap, sebagai warga negara yang patuh terhadap hukum mari kita patuhi aturan-aturan yang ada. Sehingga di Kota Tegal bisa tercipta situasi yang kondusif. Mari kita bersinergi untuk membangun rasa kebangsaan dalam mendukung program pemerintah menuju Indonesia maju," pungkasnya. (muj/zul)

Sumber: