Kali Rambut Meluap, Empat Desa di Pemalang Kebanjiran

Kali Rambut Meluap, Empat Desa di Pemalang Kebanjiran

Empat desa di wilayah Kecamatan Pemalang diterjang banjir akibat meluapnya Kali Rambut, Selasa (23/11). Kondisi ini membuat aktivitas warga sempat terhambat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemalang Wahadi membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, hujan deras semalam dengan durasi panjang dari pukul 22.00 hingga 06.00, membuat volume Kali Rambut naik dan meluber melanda permukiman.

Empat desa yang terdampak adalah Tambakrejo, Lawangrejo, Banjarmulya, dan Desa Bojongnangka. Seluruhnya berada di Kecamatan Pemalang.

"Yang terparah berada di Tambakrejo dan Lawangrejo," katanya.

Wahadi menguraikan, untuk pendataan rumah terdampak banjir masih terus dilakukan. Untuk saat ini, hanya Desa Tambakrejo yang sudah tercatat, yaitu terdapat 883 rumah terdampak dengan total penduduk 4.404 jiwa. Ketinggian air bervariatif, berkisar dari 50 cm hingga 1, 5 meter.

Dari pantauan di Desa Tambakrejo, banjir terutama terjadi di Dusun Caur, menggenangi total 4 RW dan 21 RT. Jalan utama desa tersebut masih terendam air hingga siang hari. Kondisi ini membuat kendaraan sulit melintas. Beberapa warga terlihat harus mendorong sepeda motornya karena mesin mati.

Jamal, anggota Linmas yang merupakan warga Tambakrejo menceritakan, banjir pertama kali datang pukul 04.30 WIB. Namun, dia sudah siap-siap dari pukul 03.00 karena sudah mendapat informasi akan datangnya banjir.

"Baru saat air mulai datang, kita muter ke warga, ketinggiannya ada yang sampai segini," kata Jamal sembari menyentuh bagian lehernya sendiri sebagai perbandingan.

Meski demikian, warga menurutnya memilih bertahan di rumah, kecuali para lansia yang sudah diungsikan ke tempat yang lebih aman. (sul/ima)

Sumber: