Tingkatkan Kesejahteraan, Anggota PKK Produksi Sabun Deterjen Ramah Kantong

Tingkatkan Kesejahteraan, Anggota PKK Produksi Sabun Deterjen Ramah Kantong

Anggota Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Dukuh Bangsa Kecamatan Jatinegara memproduksi sabun yang ramah kantong. Satu sabun berberat 300 gram hanya dihargai Rp2000 untuk masyarakat desa setempat.

Kades Dukuh Bangsa Kecamatan Jatinegara Abdul Khopip, Rabu (10/11) mengatakan, ibu-ibu yang tergabung dalam TP PKK desa saat ini memproduksi sabun deterjen. Sabun cair itu digunakan untuk mencuci peralatan rumah tangga. Produksi sabun cair digagas dari program pemberdayaan perempuan Desa Dukuh Bangsa ini rutin dilaksanakan setiap bulan. 

"Untuk meningkatkan kesejahteraan, maka ibu-ibu PKK di desa diberi pelatihan memproduksi sabun deterjen oleh TP PKK Kecamatan Jatinegara," katanya.

Kegiatan ini, tambah Abdul Khopip,  dianggarkan dari APBDes. Harapannya ini bisa meningkatkan produk UMKM masyarakat Desa Dukuh Bangsa. Produksi sabun deterjen ini dilakukan sejak Oktober 2021 lalu. Setiap produksi menghasilkan 40 liter sabun cair. 

Sedangkan untuk bahannya adalah, texsafon, sodium sulfat, air, EDTA, OBA, citridacid, soda abu, deterjen booster, NA CL dan oil parfum. 

Untuk saat ini, hasil produksi dipasarkan di kalangan anggota PKK karena jumlah produksinya masih sedikit. 

"Harganya sangat terjangkau, satu buah sabun berisi 300 gram hanya Rp 2000," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris TP PKK Kecamatan Jatinegara Suci Rahayu berharap kegiatan ini dapat dilakukan oleh TP PKK di seluruh desa di Kecamatan Jatinegara.

"Semoga bisa diteruskan ke kelompok dasa wisma di desa, sekaligus sebagai nilai tambah untuk meningkatkan ekonomi keluarga bila berhasil," tandasnya. (guh/ima)

Sumber: