Termasuk Desa Miskin Ekstrem, Rengaspendawa Ubah Tanah Bengkok Menjadi Tempat Wisata

Termasuk Desa Miskin Ekstrem, Rengaspendawa Ubah Tanah Bengkok Menjadi Tempat Wisata

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melakukan akselerasi penanganan desa miskin di lima kabupaten miskin ekstrem di Jawa Tengah dengan melakukan intervensi. 

Langkah itu dilakukan salah satunya dengan meminta setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan pendampingan terhadap kabupaten miskin. 

Di Brebes, Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (Dinpermades) Provinsi Jawa Tengah melakukan pendampingan terhadap Desa Rengaspendawa Kecamatan Larangan yang masuk daftar 25 desa intervensi penanganan kemiskinan ekstrem. Desa tersebut saat ini telah menyulap tanah bengkok untuk dimanfaatkan sebagai tempat wisata. 

Bahkan, peresmian wisata di Desa Rengaspendawa tersebut dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimun. 

Kepada wartawan, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimun mengatakan, Desa Rengaspendawa masuk dalam daftar desa miskin ekstrem di Kabupaten Brebes. Karenanya, pemerintah provinsi terus melakukan percepatan kemiskinan di lima kabupaten di Jawa Tengah. Salah satunya Brebes. 

"Saya harap OPD di Brebes juga ikut melakukan pendampingan kepada desa miskin, ini sebagai upaya mengentaskan kemiskinan. Di Jateng ada lima kabupaten miskin ekstrem, seperti Brebes, Banyumas, Banjarnegara, Pemalang, dan Kebumen," ungkapnya. 

Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, saat ini pemerintah daerah tengah mengupayakan akselerasi penanganan desa miskin di lima kecamatan miskin ekstrem di Brebes. 

Salah satunya meminta kepada OPD untuk ikut melakukan pendampingan atau intervensi terhadap 25 desa yang masuk kategori miskin yang ada di lima kecamatan. 

"Selain melalui upaya pendampingan satu desa dampingan setiap OPD, kita juga melakukan Padat Karya Tunai Desa (PKTD). Dan ini yang terus kita upayakan," tukasnya. (ded/ima)

Sumber: