Dedy Yon: Inspektorat Bukan Superman, yang Dibutuhkan Super Team

Dedy Yon: Inspektorat Bukan Superman, yang Dibutuhkan Super Team

Pemerintah Kota Tegal menggelar bimbingan teknis (bintek) dan pendampingan penilaian mandiri maturitas Sistem Pengendalian Interen Pemerintah (SPIP). 

Hal itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan sistem tata kelola keuangan. 

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono dalam sambutannya mengatakan, untuk meningkatkan tata kelola keuangan yang baik, semua harus kompak. Karena, pembenahan tidak bisa hanya dilakukan oleh Inspektorat saja. 

“Semua harus kompak dan membenahi bersama-sama, sebab Inspektorat tidak bisa bekerja sendiri, butuh kerja sama yang baik dengan seluruh OPD," katanya. 

Bahkan, kata Dedy Yon, jika diperlukan, Inspektorat perlu evaluasi secara berkala untuk mengukur dan membenahi kekurangan yang ada. Sebab, menurutnya, Inspektorat bukan superman. 

"Yang dibutuhkan adalah super team, jika diperlukan lakukan evaluasi secara terus menerus agar bisa diketahui mana kekurangan yang perlu diperhatikan,” jelasnya. 

Inspektur Kota Tegal Imam Badarudin mengatakan, meski SPIP ini bukan lagi barang baru, pihaknya sengaja melaksanakan bintek untuk lebih meningkatkan kapasitas ASN pengelola. 

"Ini dirasa perlu, mengingat SPIP bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintahan. Selain itu, juga keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan," ujarnya. (muj/ima)

Sumber: