Jumlah Anak Kekurangan Gizi di Kabupaten Tegal Masih Tinggi

Jumlah Anak Kekurangan Gizi di Kabupaten Tegal Masih Tinggi

Angka anak kekurangan gizi atau stunting di Kabupaten Tegal masih tinggi. Untuk mencegah bertambahnya angka penyakit tersebut, warga diimbau untuk gemar mengkonsumsi ikan.

Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Kabupaten Tegal Khofifah, Sabtu (2/10) mengatakan, dirinya mengajak warga agar gemar makan ikan. Karenanya, digelar lomba memasak ikan dengan peserta dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan mengoptimalkan pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan, berbahan baku ikan lele. 

"Lomba ini juga dalam rangka meningkatkan konsumsi makan ikan. Kita tahu ikan adalah sumber protein dan sangat bagus untuk pencegahan stunting,'' katanya.

Selain UMKM, tambah Khofifah, peserta lomba masak ikan juga berasal dari 18 kelompok dari ibu-ibu PKK tingkat Kecamatan dan Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Tegal.

Sementara itu, Kepala Bidang Perikanan Budidaya dan Pengolahan Hasil Perikanan Sudarmanto yang juga sebagai ketua panitia menambahkan, dalam kegiatan itu, pihaknya juga menghadirkan chef dari salah satu hotel di Tegal, dan dinas kesehatan.

Dalam lomba masak ikan tersebut, tim juri menilai TP PKK Kecamatan Dukuhwaru sebagai juara 1, DWP Setda Kabupaten Tegal sebagai juara 2 dan juara 3 TP PKK Kecamatan Jatinegara. (guh/ima)

Sumber: