Dianggarkan Rp150 Miliar, Pasar Induk Brebes Diwacanakan Jadi Modern

Dianggarkan Rp150 Miliar, Pasar Induk Brebes Diwacanakan Jadi Modern

Pasar Induk di Kabupaten Brebes rencananya akan dilakukan revitalisasi. Rencana itu masuk dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 79 Tahun 2019.

Berdasarkan perpres di atas, pemerintah pusat sudah mengalokasikan sekitar Rp150 miliar untuk revitalisasi pasar tersebut. Saat ini, proses pembangunan masih dalam tahap penyusunan Detail Engineering Design (DED) untuk pengerjaan konstruksi yang hingga saat ini belum rampung.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkopumdag) Brebes Maryono mengatakan, untuk membuat dokumen perencanaan yang terdiri dari amdal, andalalin, fisibility, manajemen konstruksi, Detail Engineering Design (DED) dibutuhkan anggaran sebesar Rp2,6 miliar.

Anggaran tersebut harus disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Brebes. Namun hingga tahun 2021, Pemkab baru menyiapkan dokumen berupa Fisibility dan Andalalin.

"Padahal Perpres Nomor 79 Tahun 2019 ini implementasinya diharapkan selesai tahun 2024. Sehingga kami berharap, tahun 2022 anggaran perencanaan bisa direalisasikan. Sehingga, kita bisa mengirimkan dokumen perencanaan ini kepada Kementerian PUPR melalui Kementerian Perdagangan," kata Maryono, belum lama ini.

Dijelaskannya, dalam revitalisasi tersebut akan diawali dengan perencanaan pembangunan yang kemudian dilakukan verifikasi pemerintah pusat. Sementara sebagai pelaksana pembangunan konstruksi akan dilakukan oleh Kementerian PUPR. Pihaknya hanya menyampaikan data dan dokumen yang dibutuhkan Kementerian PUPR.

"Untuk prosesnya masih panjang, saat ini baru sampai pada penyusunan DED. Sedangkan anggaran untuk penyusunan DED saja masih belum direalisasi sepenuhnya," jelasnya.

Maryono menerangkan, rencana revitalisasi Pasar Induk Brebes tertuang dalam Perpres Nomor 79 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Ekonomi di Jawa Tengah meliputi Kawasan Kendal-Semarang-Salatiga-Demak-Grobogan, kawasan Purworejo-Wonosobo-Magelang-Temanggung, dan kawasan Brebes-Tegal-Pemalang.

Untuk revitalisasi Pasar Induk Brebes, lanjut Maryono, akan mengubah keseluruhan wajah dan bagian dalam pasar. Dengan anggaran yang mencapai Rp150 miliar, Pasar Induk Brebes akan diubah menjadi pasar modern. Termasuk sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) secara komunal.

"Rencana revitalisasi Pasar Induk Brebes akan dilakukan lantaran pasar tersebut berada di tengah-tengah kota, yang seharusnya bersih dan modern. Namun kenyataannya, Pasar Induk Brebes justru terkesan kurang tertata. Sehingga, pihaknya berencana mengubah Pasar Induk Brebes secara keseluruhan," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: