Anaknya Gemar Makan Serpihan Tembok dan Tanah, Umrotun: Kalau Sakit Perut, Saya Kasih Obat Warung

Anaknya Gemar Makan Serpihan Tembok dan Tanah, Umrotun: Kalau Sakit Perut, Saya Kasih Obat Warung

Meski memiliki kebiasaan aneh, VF (3,5) tidak mengalami gangguan pada pencernaannya. Senin (13/9) kemarin, balita yang gemar memakan rontokan dinding dan tanah itu diperiksa di RSUD Kardinah Kota Tegal. 

Saat ditemui dirumahnya di Kelurahan Debong Lor Kecamatan Tegal Barat, Umroatun Khasanah mengatakan petugas dari pemkot Tegal membawa anaknya untuk diperiksakan ke dokter di RSUD Kardinah. Di sana, VF dirontgen pada bagian dada dan perut. 

"Kata dokter hasilnya baik-baik saja. Tidak ada yang sakit," katanya. 

Menurut Umrotun, selama ini memang anaknya tidak pernah ada keluhan apapun. Hanya sakit perut biasa dan mencret, tetapi tidak berkepanjangan. 

"Saya kasih obat warung, Alhamdulillah sudah sembuh. Jadi tidak pernah di bawa ke dokter, "ujarnya. 

Sementara Carmo mengaku bersyukur anaknya tidak mengalami masalah kesehatan. Selanjutnya, dia berharap nantinya bisa mengurus administrasi kependudukan sehingga bisa memperoleh bantuan dari Pemerintah. 

"Inginnya pindah KK dari sana ke sini supaya bisa jadi penduduk di sini," ujarnya. 

Carmo tak menampik, dirinya belum resmi bercerai dengan istri sebelumnya yang saat ini tinggal di wilayah Kecamatan Tegal Timur. Nantinya, dia akan berupaya untuk menyelesaikan secara kekeluargaan dengan dia. 

Kepala Kelurahan Debong Lor, Agus Tirto mengatakan, untuk dapat menerima bantuan dari pemerintah, Carmo harus bisa membereskan administrasi kependudukan lebih dulu. Karena, saat ini yang bersangkutan KTP dan KK-nya masih di luar wilayahnya. 

"Nah, agar bisa mengurus administrasi kependudukan, Pak Carmo juga harus tegas. Apakah akan menceraikan istri pertamanya atau bagaimana? Jadi diselesaikan dulu," tandasnya. 

Kalau sudah ada sikap, kata Agus, Pemerintah Kelurahan siap memfasilitasi untuk proses perceraiannya dengan istri pertama. Sekaligus juga akan difasilitasi untuk memperoleh administrasi kependudukan. 

"Karena syarat untuk memperoleh bantuan itu harus ada administrasi kependudukan yang jelas," tegasnya. 

Menanggapi itu, Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro dirinya berharap agar Umroatun dan suaminya Carmo lebih mengawasi buah hatinya. Sehingga, tidak lagi memakan serpihan tembok dan tanah. 

"Sebab, meski saat ini tidak ada keluhan kesehatan, namun dikhawatirkan nanti akan berdampak pada tubuhnya. Karena, lama kelamaan kalau memakan sesuatu yang bukan peruntukannya bisa membawa dampak," ujar Kusnendro. 

Sumber: