Antisipasi Kebakaran Seperti Tangerang, Lapas Kelas II B Tegal Ganti Jaringan Lama dengan yang Baru

Antisipasi Kebakaran Seperti Tangerang, Lapas Kelas II B Tegal Ganti Jaringan Lama dengan yang Baru

Mengantisipasi terjadinya kebakaran seperti yang melanda seperti di Tangerang, Banten, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B punya cara tersendiri. Hal itu dilakukan dengan rutin mengecek jaringan listrik dan mengganti yang lama serta tidak terpakai dengan yang baru. 

Kalapas Kelas II B Tegal Andi Yudho Sutijono mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi terjadinya kebakaran seperti di Lapas Kelas I Tangerang, Kota Tangerang, Banten, beberapa hari yang lalu. Di antaranya, dengan melakukan pengecekan secara rutin sarpras termasuk mengganti instalasi listrik.  

"Anggaran perawatan listrik dimaksimalkan dengan memanggil pihak ketiga untuk memperbaiki. Seperti jaringan listrik yang lama tidak kita pakai, kemudian bikin jaringan baru," katanya. 

Menurut Andi, bangunan dengan instalasi listrik yang lama bisa saja memicu terjadinya kebakaran. Karenanya, pihak Lapas sudah melakukan deteksi sedini mungkin. 

"Deteksi dini itu kita lakukan dengan penggantian instalasi listrik. Bahkan itu, sudah dilakukan sejak akhir Februari 2021 lalu," tandasnya. 

Selain itu, kata Andi, pihaknya berencana akan menggelar pelatihan mitigasi seandainya terjadi bencana kebakaran. (muj/ima)

Sumber: