Bupati Tegal Sidak Pemeliharaan Jalan Balamoa-Banjaran, Realisasi Melebihi Rencana

Bupati Tegal Sidak Pemeliharaan Jalan Balamoa-Banjaran, Realisasi Melebihi Rencana

Bupati Tegal Umi Azizah melakukan inspeksi mendadak (sidak) di ruas Jalan Balamoa-Banjaran yang saat ini sedang diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Tegal, Jumat (13/8). 

Dalam sidak itu, bupati didampingi Kepala DPU Ir Hery Suhartono MM dan sejumlah jajarannya.

"Alhamdulillah jalannya sudah diperbaiki. Sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Umi Azizah, di sela-sela kunjungannya.

Umi berharap, pemeliharaan jalan yang sudah 97 persen ini dapat selesai tepat waktu. Sehingga mobilitas warga tidak terganggu. Semoga pelaksanaannya bisa tepat waktu dan mutu.

Sementara itu, Kepala DPU Kabupaten Tegal Ir Hery Suhartono menjelaskan, pemeliharaan berkala ruas Jalan Banjaran-Balamoa ini bersumber dari dana DAK 2021. Nilai kontrak pekerjaan jalan tersebut sebesar Rp3.363.745.000 dari pagu anggaran Rp3.414.925.372. 

Sedangkan pelaksana pekerjaan jalan itu, yakni CV Graha amanah dengan konsultan pengawas dari CV Musbika Diaraya.

Materi pekerjaan inti adalah mobilisasi, manajemen dan pengamanan lalin, K3, pembersihan dan pengupasan lahan lapis pondasi agregat kelas S. 

"Kemudian perkerasan aspal berupa lapis perekat, laston lapis aus/AC WC, laston lapis antara/ AC BC, dan pembuatan marka jalan," ucapnya. 

Materi pekerjaan, lanjut Hery Suhartono, sebagian besar sudah dilakukan. Berdasarkan SPK Nomor 050/50/SP/DAK-01/VI/2021 tertanggal 18 Juni 2021, pemeliharaan berkala Jalan Balamoa-Banjaran hingga minggu ke-9 periode 8-14 Agustus 2021, sesuai dengan rencana 77,755 persen. 

Namun, hal itu di luar rencana dengan realisasi melebihi rencana sekitar 97,856 persen. Deviasi positif sebesar 20,101 persen. 

Artinya realisasi melebihi target rencana hingga minggu ke-9. Yang belum dilaksanakan, di antaranya bahu jalan dan marka jalan.

Diharapkan, sebelum batas waktu pelaksanaan pada 30 September 2021, pekerjaan yang tersisa bisa terselesaikan. Dirinya yakin pekerjaan bisa 100 persen. (ADV/guh/ima)

Sumber: