Utang Asing Indonesia Mei Lalu Turun Rp38 Triliun Jadi Rp6.023 Triliun

Utang Asing Indonesia Mei Lalu Turun Rp38 Triliun Jadi Rp6.023 Triliun

"ULN tersebut masih didominasi oleh ULN jangka panjang dengan pangsa mencapai 77,1 persen terhadap total ULN swasta," ucapnya.

Kedati demikian, Erwin memastikan posisi Utang Luar Negeri pemerintah tersebut relatif aman dan terkendali. Mengingat, hampir seluruhnya merupakan Utang Luar Negeri dalam jangka panjang dengan pangsa mencapai 99,9 persen dari total ULN Pemerintah.

"Struktur ULN Indonesia tetap sehat, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya. ULN Indonesia pada Mei 2021 tetap terkendali, tercermin dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang tetap terjaga di kisaran 37,6 persen. Menurun dibandingkan dengan rasio pada bulan sebelumnya sebesar 37,9%," jelasnya.

Selain itu, lanjut Erwin, sehatnya struktur ULN Indonesia ditunjukkan oleh ULN Indonesia yang tetap didominasi oleh ULN berjangka panjang, dengan pangsa mencapai 88,5 persen dari total ULN.

"Dalam rangka menjaga agar struktur ULN tetap sehat, Bank Indonesia dan Pemerintah terus memperkuat koordinasi dalam pemantauan perkembangan ULN, didukung oleh penerapan prinsip kehati-hatian dalam pengelolaannya," pungkasnya. (der/zul/fin)

Sumber: