Bus Maut Diduga Melaju Kencang Sebelum Terguling, Polisi: Terjadi Pengeraman Singkat dengan Jarak Sekitar Tiga

Bus Maut Diduga Melaju Kencang Sebelum Terguling, Polisi: Terjadi Pengeraman Singkat dengan Jarak Sekitar Tiga

Delapan orang penumpang tewas dalam kecelakaan maut Bus Sudiro Tungga Jaya yang menabrak bodi belakang truk boks di Tol Pemalang. Kecelakaan terjadi Minggu (11/7) sekitar pukul 11.00, perdisnya di KM 308 Tol Pemalang.

Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho mengungkapkan, kepolisian masih mengumpulkan bukti-bukti di tempat kejadian perkara (TKP), maupun dari uji kelayakan kendaraan dengan mendatangkan saksi ahli.

Namun dari pengecekan awal di TKP, terjadi pengeraman yang singkat dengan jarak sekitar tiga meter saat bus melaju dengan kencang di sisi sebelah kanan dari arah Jakarta menuju Semarang

"Pengemudi bus kemudian membanting setir ke arah kiri, karena di depan Bus terdapat kendaraan truk boks, akibatnya bagian depan Bus sebelah kanan menyenggol bagian ujung kiri belakang truk boks,” terang Kapolres Pemalang,

Kondisi tersebut membuat bus terguling hingga membentur guardril jalur tol Pemalang-Batang di sisi kiri. "Sejak Minggu (11/7) siang kami cepatnya mengevakuasi korban untuk mencegah fatalitas di lokasi kejadian," tambahnya.

Selain 8 korban meninggal dunia, juga terdapat tiga penumpang luka berat, dan 16 orang lain mengalami luka ringan. Para korban selanjutnya dibawa ke tiga rumah sakit di Pemalang, yaitu Prima Medika, Siaga Medika dan Santa Maria. (sul/zul)

Sumber: