Pemkab Tegal Kejar Target, Sisa Vaksin Tinggal 6.340 Dosis

Pemkab Tegal Kejar Target, Sisa Vaksin Tinggal 6.340 Dosis

Pemkab Tegal terus mengejar target pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat. Namun apakah bisa, karena hingga saat ini vaksin tinggal 6.340 dosis.

Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Tegal Sarmanah Adi Muraeny, Senin (5/7) mengatakan, saat ini vaksinasi sudah terpakai 148.328 dosis. Jumlah itu terhitung pada Jumat (2/7). Dari total keseluruhan 153.560 dosis vaksin yang diterima Pemkab Tegal. Sehingga vaksin saat ini hanya menyisakan 6.340 dosis. 

Untuk suntikan pertama sudah digunakan 101.149 dosis atau 44 persen dari target sasaran pada kelompok tenaga kesehatan, petugas pelayanan publik dan lansia. Sedangkan untuk suntikan kedua sudah digunakan 47.179 dosis atau 21 persen target.

"Vaksinasi kita berikan secara bertahap, kita selalu meminta ke pemerintah pusat jika stok vaksin sudah mulai berkurang," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal Hendadi Setiadji mengatakan, vaksinasi kali ini menyasar ke sejumlah perusahaan besar di wilayah Kecamatan Kramat. 

Yaitu PT ITS, PT Samwan, dan PT Sampoerna. Termasuk di wilayah Slawi, PT Tri Lestari Sandang Industri dan CV Duta Java Tea Industry atau Teh 2 Tang. 

"Sejalan dengan penuntasan target utama vaksinasi seperti lansia. Kami juga menyasar penduduk usia produktif yang berisiko tinggi atau rentan terpapar seperti buruh di lingkungan pabrik ini,” ucapnya.

Bila mendapati karyawan yang bergejala khas Covid-19, lanjut Hendadi Setiaji, agar segera diperiksakan. Jika terkonfirmasi positif, harus diberikan kesempatan untuk menjalani isolasi mandiri minimal 10 hari. 

"Kalau sudah benar-benar sembuh, silakan masuk kerja lagi," tambahnya. (guh/ima)

Sumber: