Varian Delta India Disebut Masuk ke Kabupaten Tegal, Sarmanah: Sampel Swab Diteliti di UGM

Varian Delta India Disebut Masuk ke Kabupaten Tegal, Sarmanah: Sampel Swab Diteliti di UGM

Dinas kesehatan belum bisa memastikan varian Delta sudah masuk ke Kabupaten Tegal. Karena hingga kini sampel swab dari beberapa pasien Covid-19 masih diteliti di Universitas Gajah Mada (UGM).

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tegal Sarmanah Adi Muraeny, Sabtu (3/7) mengatakan, memang disinyalir varian delta dari India masuk ke Kabupaten Tegal. Hal itu seiring dengan meningkatnya kasus Covid-19 di wilayah tersebut. 

Dirinya tidak menampik, perkembangan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tegal sangat cepat. Meski begitu, pihaknya belum bisa memastikan jika virus delta masuk ke Kabupaten Tegal. 

"Untuk memastikan itu, dinkes sudah mengirimkan sempel swab dari sejumlah pasien covid-19 ke Universitas Gajah Mada (UGM) untuk diteliti," katanya. 

Dinas kesehatan sudah kirim sampel, tetapi sampai sekarang belum ada hasilnya. Pihaknya khawatir virus delta masuk ke Kabupaten Tegal. 

Dirinya tidak menampik banyaknya warga yang meninggal dunia ketika menjalani isolasi mandiri di rumah. Karena warga yang sedang menjalani isoman dengan kondisi tidak bergejala atau dengan gejala ringan, memang cepat sekali berubah menjadi gejala berat atau kritis. 

"Sehingga itu mempengaruhi juga pasien yang harus dirawat menjadi meningkat dan rumah sakit tentu saja kewalahan," tambahnya.

Saat ini, lanjut Sarmanah, Pemkab Tegal sudah menyiapkan tempat isolasi terpusat di beberapa puskesmas terutama untuk pemantauan yang bergejala ringan dan tanpa gejala. 

Tempat isolasi terpusat ini untuk pasien yang tidak memungkinkan isoman di rumah. Puskesmas yang sudah siap di antaranya Penusupan, Tarub dan Balapulang. Adapun Puskesmas Bumijawa dan Pagiyanten masih dalam persiapan. (guh/ima)

Sumber: