60 Orang Terpapar Covid-19 Setiap Hari, Kabupaten Tegal Zona Merah, 8 Pasar Tradisional Disemprot Disinfektan

60 Orang Terpapar Covid-19 Setiap Hari, Kabupaten Tegal Zona Merah, 8 Pasar Tradisional Disemprot Disinfektan

Status penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tegal masih zona merah. Setiap hari, sekitar 60 orang terpapar virus corona di Kabupaten Tegal. 

Ketua Projo Kabupaten Tegal Sugirman, Jumat (18/6) mengatakan, tingginya jumlah warga yang terkena virus corona membuat organisasi kemasyarakatan yang dipimpinnya mendukung Presiden RI Joko Widodo melakukan penyemprotan cairan disinfektan di 8 pasar tradisional di wilayah Kabupaten Tegal. Penyemprotan itu bekerjasama dengan TNI dan Polri. 

"Projo membagikan puluhan ribu masker dan cairan disinfektan kepada masyarakat. Termasuk di lingkungan pasar," katanya. 

Adapun 8 pasar tradisional yang disemprot disinfektan, meliputi Pasar Trayeman, Banjaran, Pepedan, Kemantran, Balamoa, Lebaksiu, Balapulang dan Margasari. 

Kegiatan ini adalah bentuk komitmen Projo terhadap upaya Pemerintah Kabupaten Tegal dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan gerakan Kabupaten Tegal Bangkit. 

"Saya tidak menampik, banyak pertanyaan dari masyarakat, kenapa setelah hampir dua tahun ini, Kabupaten Tegal baru bangkit," tambahnya. 

Projo melihat, secara keseluruhan bangsa Indonesia termasuk Kabupaten Tegal sebelum Lebaran sudah berhasil menekan angka Covid-19 secara signifikan. Sehingga pemerintah pusat melarang mudik Lebaran melihat kasus di India. 

Namun yang terjadi adalah setelah Lebaran, angka Covid-19 di seluruh Indonesia melonjak sangat tajam. Kabupaten Tegal menjadi salah satu kabupaten yang ditetapkan sebagai zona merah. 

"Mari bangkit, saatnya bahu membahu mengembalikan ruh gotong royong melawan virus, sikap abai dan hoaks dengan memberikan pemahaman yang terus menerus kepada masyarakat untuk menaati protokol kesehatan," ajaknya. (guh/ima)

Sumber: