Satgas Covid-19 Akan Lakukan Vaksinasi Massal di 25 Pasar di Kabupaten Brebes

Satgas Covid-19 Akan Lakukan Vaksinasi Massal di 25 Pasar di Kabupaten Brebes

Guna meningkatkan percepatan vaksinasi, Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Brebes, akan melakukan vaksinasi massal di 25 pasar yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten Brebes.

Hal itu diungkapkan Bupati Brebes Idza Priyanti saat melakukan rapat koordinasi dengan lintas sektor di pendapa, Selasa (8/7).

Idza menyebutkan, dalam waktu dekat ini pihaknya memang akan melakukan vaksinasi massal. Rencananya, besok pihaknya akan melakukan vaksinasi terhadap pedagang pasar yang berjualan di 25 pasar di wilayahnya. Selain itu, ditambah pasar-pasar tiban atau pasar tradisional di hari-hari tertentu.

"Nantinya vaksinasi massal ini akan dilakukan oleh petugas medis yang ada di 38 puskesmas. Dan petugas medis itu akan disebar ke 25 pasar dan pasar-pasar tradisional yang ada di Brebes,” ucapnya.

Saat ini, pihaknya telah meminta kepada dinas perdagangan untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman dalam pemberian vaksinasi.

Karenanya, dirinya mengimbau kepada para demang pasar agar hari ini juga melakukan imbauan atau mensosialisasikan vaksinasi tersebut di wilayah pasar masing-masing, sehingga sasaran vaksinasi dapat mempersiapkan diri, termasuk sudah sarapan saat vaksinasi esok hari.

"Upaya ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Pasalnya Brebes termasuk ke dalam 8 kabupaten tertinggi kasus terkonfirmasi wabah pandemi," lanjutnya.

Dia menambahkan, ada berbagai mekanisme dalam pemberian vaksinasi tersebut. Untuk mekanisme vaksinasi adalah satu hari paling tidak mencapai target 150-200 orang, karena masing-masing puskesmas akan mendapatkan jatah vaksin sebanyak 900 buah perdosis.

"Kita harapkan dalam beberapa hari ke depan, dosis vaksin yang kita terima sebanyak 38 ribu vaksin bisa tersalurkan," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: