Kasatlantas Cantik Ini Lebih Sering Dikira Artis Korea Ketimbang Perwira Polisi

Kasatlantas Cantik Ini Lebih Sering Dikira Artis Korea Ketimbang Perwira Polisi

Iptu Rita Yuliana, polisi wanita (polwan) cantik sangat mencuri perhatian warganet. Foto-foto cantiknya membuatnya lebih dianggap mirip artis Korea.

Perwira polisi itu kini menjadi perbincangan netizen di media sosial, karena selain berparas ayu, ternyata Iptu Rita juga pintar dan berprestasi. Saat ini, dia baru saja ditunjuk menjadi Kasatlantas Polres Lombok Timur (Lotim).

Dalam Surat Telegram Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Rita Yuliana menggantikan posisi AKP Putu Gede Caka Pratyaksa Ratsuko sebagai Kasatlantas Polres Lotim.

Bagi Rita, mutasi ke Polres Lotim ini bak pulang kampung karena dia merupakan perempuan asli Lotim. Rita lahir di Selong, 1 Juli 1992.

Iptu Rita Yuliana bergabung di kepolisian pada 2013. Saat itu niatan untuk menjadi polisi rupanya tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Orang tua Rita sempat tidak mengizinkan bungsu empat bersaudara ini untuk tinggal berjauhan.

Tetapi akhirnya, Rita pun nekat mendaftarkan diri pada seleksi Akademi Kepolisian (Akpol) bersamaan dengan seleksi IPDN sesuai permintaan orang tuanya. Dan takdir pun seolah menggariskan impian Rita; diterima di Akpol.

Awal-awal mengenyam pendidikan kepolisian, rasa tidak percaya diri sempat menghinggapinya karena tidak memiliki keluarga polisi.

Berbekal niat yang kuat, Rita mampu menunjukkan kemampuannya dengan mendapatkan nilai tertinggi. Usai menempuh pendidikan kepolisian dan S1 STIK PTIK, Rita ditugaskan di Polda DIY di Bagian Sentra Pelayanan Kepolisian di Gunungkidul.

Pada tahun 2018, karena prestasinya, dia mendapatkan beasiswa pendidikan ke Beijing, Tiongkok. Rita menjadi satu-satunya perwakilan Polri yang mendapatkan Beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) Beijing, Tiongkok.

Program itu merupakan spesialis bahasa mandarin yang diikuti oleh 33 negara dari tiga benua yakni Eropa, Asia, serta Afrika.

Sumber: