Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tegal, Puluhan Santri Khataman dengan Prokes Ketat

Rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tegal, Puluhan Santri Khataman dengan Prokes Ketat

Pemkab Tegal menggelar acara khataman Al Qur'an dalam rangka rangkaian peringatan hari jadi ke-420.

Pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh para hafiz atau penghafal se Kabupaten Tegal ini berlangsung khidmat di pendapa rumah dinas bupati.

Ketua Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) se Kabupaten Tegal Syamsul Arifin, Selasa (25/5) mengatakan, kegiatan khataman dihadiri 30 hafiz ini dilakukan secara terbatas dan memenuhi protokol kesehatan.

Hal tersebut dilakukan karena situasi pandemi Covid-19 masih belum sepenuhnya terkendali. Selain dihadiri hafiz, acara ini juga dihadiri perwakilan pengurus dan pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Tegal.

"Lewat khataman ini turut berdoa, bermunajat meminta perlindungan serta pertolongan dari Allah SWT agar bangsa ini dan juga Kabupaten Tegal bisa terbebas dari pandemi Covid-19," katanya.

Sementara itu, Bupati Tegal Umi Azizah memandang acara tasyakuran hari jadi Kabupaten Tegal ini sebagai sarana untuk bermuhasabah sekaligus bersyukur kepada Tuhan bahwa bangsa ini masih diberikan kekuatan dan keselamatan untuk berjuang melawan covid-19.

Hari jadi di masa pandemi ini harus bisa dijadikan penyemangat untuk membangun rasa empati, rasa memiliki agar seluruh elemen di masyarakat bisa bergerak bersama.

"Juga meneruskan ikhtiar besar para pendahulu agar terbangun masyarakat Kabupaten Tegal yang sejahtera, mandiri, unggul, berbudaya dan berakhlak mulia,” ucapnya.

Dirinya juga berharap, lanjut Umi Azizah, pandemi Covid-19 yang telah mendisrupsi berbagai sisi kehidupan sosial ekonomi hendaknya bisa disikapi bijak. Masyarakat harus optimistis dan tetap semangat untuk terus maju.

Dirinya juga ingin agar seluruh komponen pembangunan dapat bersinergi dan berkolaborasi untuk mengatasi segala persoalan yang timbul akibat pandemi yang berkepanjangan ini. (guh/ima)

Sumber: