Ismet Gunawan Terpilih Menjadi Ketua Karang Taruna Dukuhsalam

Ismet Gunawan Terpilih Menjadi Ketua Karang Taruna Dukuhsalam

Ismet Gunawan, biasa dipanggil bos Gomet, terpilih menjadi ketua Karang Taruna (Katar) Singa Ndriya Desa Dukuhsalam Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. Ismet terpilih secara aklamasi yang berlangsung di Pendapa Balai Desa Dukuhsalam, Sabtu (22/5) lalu. 

Ketua Karang Taruna terpilih, Ismet Gunawan, Selasa (25/5) mengatakan, usai terpilih, dirinya langsung dilantik oleh kepala Desa Dukuhsalam, Agus Riyadi, untuk masa bakti 2021-2026.

Ada empat program kerjanya selama lima tahun ke depan. Yaitu, pendidikan gratis di semua jenjang bagi anggota Karang Taruna Desa Dukuhsalam, kesehatan gratis bagi warga tidak mampu, mengembangkan ekonomi kerakyatan desa dan pemberdayaan desa mandiri.

Menurutnya, untuk membiayai itu semua, pihaknya bakal melakukan kerjasama dengan pengusaha asal Desa Dukuhsalam. "Kami akan bekerjasama dengan pihak ketiga yang merupakan pribumi asli Desa Dukuhsalam," kata Owner CV Gomet Indonesia ini.

Selain itu, tambah bos Gomet, dirinya akan berusaha meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Dukuhsalam. Caranya, dengan mengelola tanah bengkok atau aset Desa Dukuhsalam.

Saat ini, tanah bengkok desa luasnya 26 hektare. Dari luas itu, 20 hektare akan dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, sisanya atau 6 hektare akan dikelola untuk agrowisata.

"Jadi nanti tanah bengkoknya akan kita sewa dengan harga tiga kali lipat. Misal, saat ini tanah bengkok disewa 1 juta per 1 hektare, kami berani menyewa seharga Rp3 juta. Prinsipnya, kami akan meningkatkan perekonomian masyarakat desa. Kami juga akan memberdayakan masyarakat," tambahnya.

Selain untuk meningkatkan perekonomian desa, lanjut bos Gomet, hasil pengelolaan aset desa itu juga akan digunakan untuk membiayai pendidikan dan kesehatan gratis.

Meski begitu, pihaknya belum bisa menjelaskan nominal alokasi biaya tersebut. Untuk nominalnya, nanti menunggu rapat kerja (raker) Karang Taruna. Prinsipnya, dari desa, oleh desa, untuk desa. (adv/guh/zul)

Sumber: