Bupati Yakin UMKM Center Bisa Pulihkan Ekonomi di Kabupaten Tegal

Bupati Yakin UMKM Center Bisa Pulihkan Ekonomi di Kabupaten Tegal

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Center dipastikan dapat memulihkan ekonomi di Kabupaten Tegal. Rencananya, UMKM Center yang dipusatkan di Co-Working Space Trasa akan dilaunching Bupati Tegal Umi Azizah, dalam waktu dekat ini.

Umi Azizah, Jumat (21/5) mengatakan, kebangkitan ekonomi ini merupakan implementasi slogan hari jadi Kabupaten Tegal ke-420. Diharapkan, keberadaan UMKM bisa memulihkan ekonomi di masa pandemi Covid-19. 

"Hari jadi Kabupaten Tegal ke-420 merupakan momentum untuk bangkit. Termasuk kebangkitan ekonomi di masa pandemi Covid-19," katanya. 

Tujuan UMKM Center ini, tambah Umi Azizah, untuk konsultasi dan fasilitasi bagi para Industri Kecil Menengah (IKM). Mulai dari sisi produk, packing, manajemen, permodalan, marketing hingga perizinan. Mungkin dalam waktu dekat, UMKM Center ini akan dilaunching. 

Dirinya menilai produk yang dihasilkan para pelaku usaha di Kabupaten Tegal, tidak kalah dengan produk luar daerah. Akan tetapi dibutuhkan pembenahan di sisi lainnya. 

"Misal packing atau manajemennya, ini dinilai akan memudahkan dalam proses pemasaran. Pemasaran ini sangat penting, terlebih di era globalisasi," tambahnya. 

UMKM harus melek teknologi dalam mengembangkan bisnisnya. Kini banyak produk yang laris manis imbas dari pemasaran secara online. 

Bahkan, hampir sebagian produk bisa dilihat melalui digital, sehingga lebih memudahkan konsumen dalam memilih dan membeli produknya. 

"UMKM Center salah satunya sebagai upaya UMKM Go Digital. Pelaku usaha harus sudah memahami dan menguasai teknologi," tandasnya. (guh/ima)

Sumber: