Diguncang Gempa Besar, Waspadai Banjir Bandang di Jawa Timur seperti NTT

Diguncang Gempa Besar, Waspadai Banjir Bandang di Jawa Timur seperti NTT

Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 6,1 terjadi di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4) kemarin. Warga diminta mewaspadai potensi longsor dan banjir bandang bila terjadi hujan.

"Mohon diwaspadai potensi longsor dan banjir bandang bila hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Ini sebagai dampak lanjut setelah ada guncangan gempa bumi yang cukup kuat," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati di Jakarta, Sabtu (10/4).

Dwikorita Karnawati menyebut gempa bumi dengan M 6,1 dapat membuat lereng-lereng atau batuan menjadi rapuh. Sehingga dapat memicu terjadinya bencana longsor dan banjir bandang.

Hal ini berdasarkan bencana di Nusa Tenggara Timur (NTT). Yakni sehari sebelum bencana gempa bumi M 4,1 dan terjadi hujan lebat.

Sejumlah wilayah yang berpotensi hujan lebat di Jawa Timur antara lain Jombang, Mojokerto, Pasuruan, Bondowoso dan Jember. Kemudian, Malang, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Gresik, Lamongan, Madiun, Nganjuk, Probolinggo, Tulungagung, Ponorogo, dan Purwosari Pasuruan. (rh/zul/fin)

Sumber: