Pandemi Covid-19, Bupati Tegal Apresiasi Program Pramuka Peduli

Pandemi Covid-19, Bupati Tegal Apresiasi Program Pramuka Peduli

Bupati Tegal Umi Azizah mengapresiasi program Pramuka Peduli sebagai wujud nyata pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Kehadiran Gerakan Pramuka di lingkungan pendidikan menjadi ruang positif dalam menumbuhkan karakter generasi muda.

Bupati Tegal Umi Azizah melalui Sekda Tegal Widodo Joko Mulyono, Senin (29/3) menyatakan, Pramuka memiliki karakter generasi muda yang peduli dan rela berkorban demi meringankan beban penderitaan masyarakat yang tertimpa musibah, termasuk kepeduliannya pada kondisi lingkungan hidup. Jika indikator pembangunan sumber daya kepemudaan di Kabupaten Tegal sudah sangat jelas tertera pada program unggulan ke delapan dan ke sembilan pembangunan jangka menengah Kabupaten Tegal 2019-2024. Yaitu kaitannya dengan penguatan pendidikan karakter, mental dan spiritual serta pemberdayaan pemuda.

"Orientasi pembangunan sumber daya kepemudaan Kabupaten Tegal bermuara pada terwujudnya masyarakat  yang sejahtera, mandiri, unggul, berbudaya dan berakhlak mulia sebagaimana visi bupati Tegal,” katanya.

Sebagai bagian dari Gerakan Pramuka, tambah Widodo Joko Mulyono, dirinya selalu siap mendukung inisiatif organisasi pendidikan ini dalam membina generasi muda, termasuk mengawal pelaksanaan program Pramuka Peduli. 

Dirinya memandang jika program tersebut merupakan janji yang harus ditunaikan setiap anggota pramuka saat bangsa dan negara sedang dilanda musibah seperti pandemi Covid-19. Keterlibatan anggota pramuka pada program Pramuka Peduli adalah bukti eksistensi Gerakan Pramuka sangat penting sebagai wujud bela bangsa dan negara tercinta. 

"Kami berharap Pramuka Peduli terus berkiprah pada sesama. Karena apa yang sudah dilakukan selama ini, harus bertambah maju lagi," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Bina Muda Kwarcab Tegal Suharjo menambahkan, Muscab Kwarcab Tegal telah berjalan lancar dan terpilih secara aklamasi ketua kwarcab. Diharapkan akan 
menghasilkan kepengurusan baru yang lebih solid dan tidak kalah dengan capaian prestasi yang diraih pengurus kwarcab periode sebelumnya. (guh/ima)

Sumber: