Alfamart Bantu UMKM Jual Produk di Tokonya

Alfamart Bantu UMKM Jual Produk di Tokonya

Untuk mengangkat produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), PT Sumber Alfaria Trijaya atau Alfamart membangun kesepakatan dengan Pemkab Brebes, agar produk-produk UMKM bisa masuk di toko retail tersebut. Penandatanganan dilakukan oleh Deputy Branch Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Nur Setiawan bersama Bupati Brebes Idza Priyanti. 

Usai mengecek produk-produk UMKM Brebes, Nur Setiawan mengatakan, Alfamart berkomitmen membantu dengan memasarkan produk unggulan Kabupaten Brebes. Dengan memilah produk-produk UMKM yang diminati konsumen agar bisa dijual ke Alfamart. Ada standardisasi produk UMKM agar bisa masuk di toko retail, di antaranya bentuk kemasan, tanda kedaluwarsa, label halal, barcode hingga PIRT. 

"Ketika produk sudah masuk di Alfamart, maka teman-teman UMKM juga harus siap jika peminat produknya banyak. Jika produk sudah masuk di Alfamart maka produk itu akan memperoleh alamat display. Jadi saat banyak peminatnya, produk itu tidak boleh kosong," kata Nur Setiawan usai penandatanganan MoU dengan Bupati Idza di Pendapa Brebes, Senin (29/3). 

Nur Setiawan mengungkapkan, jika kemasan produk menarik dan ada tanda kedaluwarsa atau expired, maka konsumen sudah tertarik. Namun, pihaknya akan melakukan verifikasi produk-produk UMKM yang layak untuk masuk di Alfamart. Quality control juga akan dilakukan terhadap produk-produk UMKM. 

"Jika sudah disetujui oleh Alfamart, maka produk-produk itu akan dikirim ke gudang induk Alfamart. Kemudian baru akan dikirim ke gerai-gerai yang ada. Berbeda jika produk itu adalah makanan atau kue basah, maka pihak produsen yang akan mengantarkan langsung ke gerai atau toko. Tinggal dihitung nanti menaruh produk itu di berapa toko," tambahnya. 

Nur Setiawan berharap, produk-produk UMKM Brebes bisa masuk ke Alfamart. Sehingga, bisa membantu para pelaku usaha kecil agar produk-produknya lebih dikenal masyarakat. Sebab hingga saat ini banyak produk-produk UMKM yang ingin masuk di gerai Alfamart, sehingga mereka harus bersaing dengan kualitas produk. 

Sementara itu, Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, Pemkab Brebes menjalin kemitraan dengan PT Sumber Alfaria Trijaya agar perusahaan toko modern ini bisa menampung produk-produk para pelaku UMKM Brebes. Saat ini, produk UMKM di Brebes sangat variatif dan memiliki daya saing. Kemitraan ini sebagai upaya untuk pemasaran produk-produk para pelaku UMKM. 

"Apalagi ini kondisinya sedang pandemi Covid-19. Sehingga perlu bersinergi dengan perusahaan-perusahaan besar agar bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Kita tetap mendorong produk-produk UMKM Brebes agar bersaing dengan produk-produk lainnya," pungkasnya. (ded/ima/adv)

Sumber: