Bersih-bersih Lemari, Pemuda di Tegal Temukan 26 Butir Peluru Aktif Peninggalan Veteran TNI

Bersih-bersih Lemari, Pemuda di Tegal Temukan 26 Butir Peluru Aktif Peninggalan Veteran TNI

Puluhan butir peluru berbagai jenis, ditemukan seorang pemuda bernama Kiki (38) saat tengah membersihkan lemari milik kakeknya yang seorang veteran pada Rabu (17/2). Temuan itu selanjutnya diserahkan ke pihak Kepolisian untuk diamankan. 

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo melalui Kasat Intelkam AKP Suroyo mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah Kiki (38) yang merupakan warga Kelurahan Tegalsari Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal itu. Sebab, begitu menemukan langsung diserahkan ke pihak berwajib. 

"Kami tentu mengapresiasi langkah yang diambil. Sebab, atas inisiatifnya menyerahkan amunisi aktif itu ke Polsek Tegal Barat," katanya. 

Menurut Suroyo, jumlah amunisi yang ditemukan sebanyak 26 butir yang terdiri dari PPU 62 kaliber 9 mm sebanyak 19, AD kaliber 306 sejumlah 4 dan IK kaliber 306 ada 3 butir. 

"Amunisi itu diduga merupakan peninggalan almarhum kakeknya yang diketahui veteran TNI Angkatan Darat," ujarnya. 

Setelah menemukan amunisi itu, kata Suroyo, oleh anggota Bhabinkamtibmas, Kiki kemudian diantar ke mapolsek untuk menyerahkannya. Usai dilaporkan, amunisi kemudian dikirim ke Pengawasan Senjata Api dan Bahan Peledak (Wassendak) Polres Tegal Kota. 

"Selanjutnya, kami mengimbau kepada warga yang masih menyimpan atau menguasai senpi maupun bahan peledak lainnya dapat menyerahkan secara suka rela ke Polisi," pungkasnya. (muj/ima)

Sumber: