Vaksin Covid-19 Akan Mulai Disuntikkan di Kota Tegal saat Valentine Day

Vaksin Covid-19 Akan Mulai Disuntikkan di Kota Tegal saat Valentine Day

Vaksinasi covid-19 di wilayah Kota Tegal diperkirakan akan mulai disuntikan Februari mendatang. Nantinya, ada seribuan sasaran yang akan diberikan vaksin dari pejabat publik, tenaga kesehatan, hingga tokoh masyarakat. 

Wakil Wali Kota Tegal Muhammad Jumadi saat melakukan sidak di dua lokasi pemberian vaksin mengatakan pihaknya melakukan pemantauan persiapan tempat untuk vaksinasi di RSUD Kardinah dan RSUI Harapan Anda. Dia yakin, saat pelaksnaan semua sudah siap. 

"Saya yakin Insa Allah pas pelaksanaannya akan siap semua, luar biasa persiapannya. Kami siap melaksanakan vaksinasi secara massal," katanya. 

Menurut Jumadi, jika tidak ada halangan, vaksinasi akan dimulai pada 14 Februari 2021. Untuk tahap pertama ini ada tenaga kesehatan, pejabat publik dari Forkopimda di tahap pertama, hingga tokoh agama. 

"Kita menyiapkan 13 fasilitas pelayanan kesehatan, yakni tiga rumah sakit, delapan puskesmas dan dua klinik, untuk melayani vaksinasi Covid-19," ujarnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Sri Primawati mengungkapkan vaksin yang sudah tiba di Jawa Tengah sejumlah 62.560 dosis dialihkan untuk tiga daerah penyangga Ibu Kota. Ketiga daerah tersebut di antaranya Kota Semarang, Kabupaten Semarang, dan Kota Surakarta. 

"Sehingga, kita menerima vaksin tahap satu termin kedua. Adapun jumlah vaksin yang dialokasikan di Kota Tegal sejumlah 2.840," katanya. 

Untuk sasaran vaksinasi, kata Prima, tenaga kesehatan (nakes) sebanyak 2.825, SDM Kesehatan 1.420 dan 10 pejabat publik. Nantinya, setiap nakes akan menerima SMS terlebih dahulu sebelum dilakukan vaksinasi. (muj/zul)

Sumber: