Intensitas Hujan Tinggi, Tanah Longsor Terjang Desa Padasari Kabupaten Tegal, 3 Rumah Rusak

Intensitas Hujan Tinggi, Tanah Longsor Terjang Desa Padasari Kabupaten Tegal, 3 Rumah Rusak

Tingginya curah hujan di wilayah Kecamatan Jatinegara menyebabkan tebing di Dukuh Padareka Desa Padasari longsor. Akibatnya tiga rumah warga di sana terkena longsoran tanah dari tebing tersebut.

Kepala Desa Padasari Kecamatan Jatinegara Mashuri, Selasa (5/1) mengatakan, tanah longsor yang menerjang Dukuh Padareka disebabkan intensitas hujan yang tinggi. Setiap hari hujan mengguyur wilayah tersebut sehingga tebing yang ada di sana longsor. Akibatnya rumah yang berada di bawah tebing terkena longsoran. 

Adapun rumah yang tertimpa longsoran, tambah Mashuri, adalah milik Sadiri, Agus Muslim dan Abdul Ajis yang berlokasi di RT 02 RW 01 Dukuh Parareka Desa Padasari. Meski tidak ada korban jiwa, tetapi kerugian ditaksir sampai puluhan juta. Pihak desa bersama masyarakat langsung mengevakusi keluarga korban ke tempat yang lebih aman. 

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material yang ditaksir nilainya puluhan juta," tambahnya.

Pemerintah desa, lanjut Mashuri, bersama masyarakat bergotongroyong membersihkan tanah longsoran yang berada di samping rumah. Pihak pemerintah desa sudah melaporkan ke kecamatan dan kabupaten agar rumah yang terkena longsoran dapat dibantu. (guh/ima)

Sumber: