90 Rumah di Desa Tembok Banjaran dan Tembok Lor Kabupaten Tegal Kebanjiran

90 Rumah di Desa Tembok Banjaran dan Tembok Lor Kabupaten Tegal Kebanjiran

Sedikitnya ada 90 rumah di Desa Tembok Banjaran dan Tembok Lor Kecamatan Adiwerna yang terendam banjir. Hal ini disebabkan meluapnya air sungai akibat intensitas hujan yang tinggi. 

Kepala Markas PMI Kabupaten Tegal Sunarto, Sabtu (2/1) mengatakan, hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tegal menyebabkan beberapa kecamatan dilanda banjir. Salah satunya Kecamatan Adiwerna, di mana dua desa di wilayah tersebut terendam banjir. 

"Di Desa Tembok Banjaran, khususnya di RT 5 RW 1 sedikitnya 30 rumah terendam banjir dengan ketinggian kurang lebih 50 sampai 150 sentimeter," katanya.

Banjir di wilayah tersebut, tambah Sunarto, diakibatkan intensitas hujan yang tinggi pada pukul 15.00 WIB sampai 19.30 WIB. Mengakibatkan air Sungai Jembangan meluap dan masuk ke rumah warga. 

Beberapa relawan dari BPBD, Galawi Resque dan Ubaloka, TNI dan Polri langsung melakukan evakuasi.

"Warga sudah hapal, kalau di sana sebagai daerah langganan banjir. Maka sudah mempersiapkan diri dengan cara mengamankan barang-barang elektronik dan berharga lainnya," tambahnya.

Sementara di Desa Tembok Lor, lanjut Sunarto, banjir terjadi di RT 4 RW 1 Kecamatan Adiwerna. Sedikitnya ada 60 rumah milik warga yang terendam banjir dengan ketinggian kurang lebih 150
sentimeter. Tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir di dua desa tersebut. Namun kerugian akibat banjir mencapai puluhan juta rupiah. (guh/ima)

Sumber: