Tahun Depan, Lokomotif Kuno Buatan Jerman Bakal Bertengger di Taman Pancasila

Tahun Depan, Lokomotif Kuno Buatan Jerman Bakal Bertengger di Taman Pancasila

Lokomotif kuno yang bakal mengisi kawasan Taman Pancasila sudah tiba di Depo Lokomotif Stasiun Kota Tegal. Rencananya, kereta buatan Jerman itu bakal ditempatkan pada awal 2021 mendatang.

Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi usai meninjau, Senin (28/12) siang mengatakan, dirinya telah melihat langsung kondisi lokomotif itu. Nantinya, akan direstorasi sebelum ditempatkan di titik yang sudah disiapkan di Taman Pancasila. 

"Nantinya, akan direstorasi dahulu, dikembalikan seperti semula, setelah itu kita angkut ke Taman Pancasila," katanya.

Karenanya, kata Jumadi, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada PT KAI yang selama ini sudah berkolaborasi bersama untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Dengan adanya loko itu, diharapkan taman yang berada tepat di depan stasiun itu menjadi lebih ada value-nya sebagai heritage.

"Di depan ada garudanya, tugu yang memiliki nilai sejarah yang dibangun Presiden Sukarno, di belakangnya lokomotif sebagai lambang kawasan Stasiun Tegal yang kita cintai," ujarnya.

Menurut Jumadi, dibutuhkan waktu sekitar satu minggu atau sampai awal tahun untuk merestorasi lokomotif. Sehingga diperkirakan akan terpasang pada awal atau paling lambat akhir Januari 2021.

"Lokomotif ini buatan Jerman tahun 1962, saya kira sudah cukup velue-nya sebagai heritage. Sehingga dapat dinikmati  masyarakat dari mana saja yang datang ke Kota Tegal," pungkasnya. (muj/ima)

Sumber: