Waspadai Munculnya Klaster Baru Covid-19, TNI-Polri Siapkan Patroli Besar-besaran

Waspadai Munculnya Klaster Baru Covid-19, TNI-Polri Siapkan Patroli Besar-besaran

Munculnya klaster-klaster baru Covid-19 saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) serta libur panjang patut diwaspadai. Karenanya, sinergitas tiga pilar TNI-Polri dan pemerintah akan terus ditingkatkan untuk mengantisipasi kerawanan itu.

Dandim 0712/Tegal Sutan Pandapotan Siregar, Jumat (11/12) mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus menerus bersinergi dengan Polri menangani pandemi Covid-19. Salah satunya melakukan pencegahan dengan mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak, memakai masker dan menghindari kerumunan.

"Seperti hari ini kita keliling wilayah, menyampaikan imbauan juga membagikan masker kepada masyarakat. Sekaligus ini memperingati hari Juang Kartika tahun ini," katanya.

Menurut dandim, selain pembagian masker, pihaknya juga membagi 70 paket sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Sebelumnya juga digelar kegiatan donor darah.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo mengatakan, menyambut perayaan Natal dan tahun baru serta libur panjang, pihaknya bersama TNI dan Pemerintah Kota Tegal akan menyiapkan patroli besar-besaran. Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, pihaknya juga akan memanfaatkan posko terpadu.

"Sementara posko inisiatif itu ada di dinas kesehatan. Nantinya, akan kita fungsikan sebagai posko pantauan Covid-19 selama Nataru dan libur panjang. Bukan hanya posko evaluator saja," tandasnya.

Kapolres menegaskan, selama Nataru dan libur panjang, perlu diantisipasi adanya klaster-klaster baru. Salah satu upayanya yakni intens berkomunikasi dengan pemkot agar bisa menutup tempat hiburan.

"Jadi kita tetap intens dengan pemkot untuk memantau bagaimana tempat-tempat hiburan itu tutup. Tinggal kita jaga dan tertibkan," jelasnya. 

Selain itu, imbuh kapolres, pihaknya juga akan merangkul Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB). Dengan harapan, para pemuka agama akan mengajak umatnya agar tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak atau 3m serta menghindari kerumunan. (muj/ima)

Sumber: