Korban Meninggal Akibat Covid-19 di Banyumas Hampir 100 Orang

Korban Meninggal Akibat Covid-19 di Banyumas Hampir 100 Orang

Korban meninggal dunia akibat Covid-19 di Banyumas terus meningkat pesat. Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas Sadiyanto, total korban meninggal dunia akibat Covid-19 mencapai 96 orang.

"Seminggu terakhir ini setiap hari lebih dari lima orang meninggal karena Covid-19," kata Sadiyanto saat dihubungi.

Ia menjelaskan, pada 28 dan 29 November terdapat lima orang yang meninggal dunia, 30 November, 1 Desember, dan 2 Desember setiap harinya delapan orang meninggal, dan 3 Desember enam orang meninggal..

"Seperti diketahui virus covid ini memperparah orang yang memiliki penyakit pemberat (komorbid). Nah rata-rata yang meninggal memiliki penyakit pemberat seperti diabetea melitus, hipertensi, jantung. Semua berumur di atas 50 tahun," terangnya.

Ia menyampaikan, angka kematian di Banyumas 4,07 persen. Hal ini.menurut dia sudah mendekati batas maksimal atau kewajaran dari WHO yaitu 5 persen. Sementara positivity rate 8, 41 persen. "Masih zona merah karena angka penularannya masih tinggi," tuturnya.

Untuk itu, Sadiyanto mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Saya mohon kepada masyarakat yang di dalam rumah ada orang dengan komorbid, maka saat berada di dalam atau di luar rumah menggunakan masker," pungkasnya. (ali/zul)

Sumber: