Tiga Pedukuhan di Dua Kecamatan di Brebes Direndam Banjir dan Longsor

Tiga Pedukuhan di Dua Kecamatan di Brebes Direndam Banjir dan Longsor

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Brebes Selatan dan sekitarnya, Rabu (2/12) malam, menyebabkan tanah longsor dan banjir di tiga pedukuhan di dua kecamatan. Akibatnya, sejumlah rumah warga rusak tertimpa material longsoran dan lainnya terendam banjir.

Relawan PMI Kabupaten Brebes, Bagus mengatakan, tanah longsor terjadi di RT13 RW1 Dukuh Menteng Desa Ragatunjung Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Material longsoran menutup areal perkebunan dan menimpa empat rumah warga.

"Ada empat rumah warga rusak. Material longsoran juga menutupi areal perkebunan warga," katanya.

Menurut Bagus, warga yang terdampak longsor saat ini sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Sementara warga lainnya berjaga-jaga untuk mengantisipasi longsor susulan. 

Sedangkan bencana banjir, papar Bagus, terjadi di wilayah Dukuh Gempol dan Cibangbung Desa Bantarkawung Kecamatan Bantarkawung. Ketinggian air di kedua pedukuhan itu bahkan mencapai sekitar 70 cm atau setinggi lutut orang dewasa.

"Untuk warga yang terdampak total ada 153 kepala keluarga (KK)," rinci Bagus.

Bagus merinci wilayah yang terdampak di Dukuh Gempol meliputi RT3, 4, 5 RW1. Sedangkan di Dukuh Cibangbung meliputi RT1, 2, 3 RW 4. (muj/zul)

Sumber: