Jateng Bangunkan 237 Rumah Layak untuk ASN, Ganjar: Kalau Sudah Ada, Pasti Ayem

Jateng Bangunkan 237 Rumah Layak untuk ASN, Ganjar: Kalau Sudah Ada, Pasti Ayem

Tepat di Hari Jadi ke-49, Korpri Jateng meluncurkan program pembangunan perumahan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang belum memiliki rumah.

ASN Provinsi Jawa Tengah yang belum memiliki rumah pun sekarang tak perlu khawatir lagi. Pasalnya, Korpri Jateng siap memberikan fasilitas rumah pada ASN Jateng dengan kualitas bagus dan harga terjangkau.

Perumahan yang terletak di Kelurahan Bangetayu Kota Semarang itu menempati lahan seluas 9,8 hektare dengan jumlah perumahan yang disiapkan sebanyak 237 unit.

Peletakan batu pertama perumahan Korpri Jateng itu dilakukan secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Jumat (27/11). 

Ganjar berharap, program perumahan ini bisa membuat ASN yang belum memiliki rumah merasa lebih ayem.

"Ini program Korpri Peduli yang dilakukan teman-teman Korpri Jateng. Mudah-mudahan ini bisa dinikmati sebagai tempat bertemu keluarga dan membuat hatinya lebih ayem. Kalau sudah ada rumah, makan cukup, sandang cukup kan pasti ayem. Dan tentu harapannya, kinerjanya akan semakin baik," kata Ganjar.

Ganjar menegaskan, program perumahan bagi ASN tersebut memiliki syarat yang ketat. Mereka yang bisa mendapatkan rumah itu, harus benar-benar belum memiliki rumah, minimal 3 tahun menjadi ASN dan harus ditempati serta tidak boleh dijual.

"Ini cara kita memberikan kesejahteraan bagi teman-teman ASN. Meski rumahnya kecil, tapi saya harap penataan lingkungan dan desainnya diperhitungkan, agar semuanya nyaman," ucapnya.

Program pembangunan perumahan bagi ASN, lanjut Ganjar membuktikan bahwa Korpri Jateng telah melakukan gerakan revitalisasi. Tidak hanya melakukan pembinaan ke dalam. Namun, sekarang lebih proaktif membantu masyarakat luas.

"Sekarang Korpri lebih proaktif, ada produk pertanian nggak laku langsung dibeli, ada masalah apa lagi langsung dibantu, rumah tidak layak huni dibangunkan dan lainnya. Kontribusinya semakin nyata di masyarakat, tidak hanya bersifat ekslusif, tapi banyak gerakan yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas," ujarnya.

Tidak hanya itu, sebagai institusi yang menaungi ASN, Korpri juga sangat membantu dalam kesuksesan sejumlah program kerja pemerintahan di Jawa Tengah. Mereka selalu komitmen menjaga integritas, selalu transparan dan melayani dengan sepenuh hati.

"Maka beberapa penghargaan yang kemarin kita dapatkan, menunjukkan komitmen mereka yang serius menjaga itu. Maka saya senang karena mereka semua memegang teguh apa yang menjadi kesepakatan bersama," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Korpri Jateng Sujarwanto Dwiatmoko mengatakan, akan ada 237 unit perumahan yang diperuntukkan bagi ASN di lokasi itu. Perumahan tipe 36 dengan luas tanah 64-210 meter persegi itu dibanderol dengan harga Rp265 juta.

"Persyaratannya ketat, jadi ini benar-benar untuk mereka yang belum punya rumah. Kami bekerjasama dengan Bank Jateng untuk sistem KPR-nya, yang tentunya berbeda dengan KPR bank lainnya," ucapnya.

Sumber: