Pelanggar Protokol Kesehatan Menurun, Masyarakat Pemalang Mulai Tertib Kenakan Masker

Pelanggar Protokol Kesehatan Menurun, Masyarakat Pemalang Mulai Tertib Kenakan Masker

Masyarakat Kabupaten Pemalang dinilai makin tertib menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar rumah. Hal ini terlihat dari menurunnya jumlah pelanggar yang terjaring razia. 

Kepala Seksi Tibuntranmas Satpol PP Pemalang Agus Mulyadi menuturkan, operasi yustisi tertib masker sudah digelar sejak September sampai sekarang. Totalnya sudah 3927 orang yang terjaring razia. 

Operasi itu melibatkan Tim Satgas Covid-19, yang antara lain terdiri dari Satpol PP, dan TNI- Polri. Para petugas menyasar sejumlah tempat keramaian dan jalan umum. Meski masih kedapatan pelanggar yang terjaring razia, tetapi menurut Agus jumlahnya semakin menurun.

"Saat ini pelanggar menurun, rata-rata tiap operasi 10 orang. Kalau awal September pelanggar yang terjaring rata-rata sampai 50 orang," katanya, Rabu (11/11).

Seperti giat operasi yang digelar Rabu (11/11) siang di areal Pasar Randudongkal dan Pasar Banjardawa Kecamatan Taman. Para pelanggar yang terjaring razia masih dikenai sanksi sosial. Sedangkan sanksi denda belum diberlakukan.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Tutuko Raharjo terus mengingatkan, masyarakat tidak kendor menerapkan protokol kesehatan mengingat kasus Covid-19 di Pemalang mengalami kenaikan.

"Upaya tracing dan testing terhadap masyarakat yang pernah kontak dengan pasien Covid-19 terus kami dilakukan. Di samping melalui tim Satgas di tingkat kecamatan dan desa, sosialisasi perubahan perilaku terus kami lakukan," ujarnya. 

Diketahui, sampai Rabu (11/11), jumlah pasien terkonfirmasi positif di Kabupaten Pemalang saat ini mencapai 698 kasus. Uraiannya 153 masih dirawat, dan 53 pasien meninggal dunia. Sedangkan sisanya 492 pasien sudah dinyatakan pulih atau sembuh. (sul/ima)

Sumber: