Warga Losari Protes Jalan Kabupaten yang Rusak, Ini Tanggapan DPU Brebes

Warga Losari Protes Jalan Kabupaten yang Rusak, Ini Tanggapan DPU Brebes

Warga Desa Kecipir Kecamatan Losari protes dengan kondisi jalan kabupaten di wilayahnya yang rusak dan tidak kunjung diperbaiki. Kekesalan tersebut diluapkan warga setempat dengan menanam pohon pisang di tengah jalan kabupaten, Jumat (6/11).

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes Dani Asmoro membenarkan, jika ruas tersebut kondisinya memang dalam kondisi rusak berat. Kondisi jalan yang rusak tersebut sepanjang 1,2 km dan rusak sedang 1 km.

"Karena terbatasnya anggaran pemerintah daerah (pemda) maka belum dapat menangani kerusakan ruas jalan tersebut. Tetapi melalui perubahan anggaran tahun ini akan kami upayakan penanganan melalui pemeliharaan rutin meski belum bisa maksimal untuk menangani seluruh kerusakan ruas jalan tersebut," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, sudah empat tahun tidak ada perbaikan jalan kabupaten di Desa Kecipir, Kecamatan Losari membuat masyarakat setempat sangat kecewa. Puncak kekecewaan itu, warga setempat menanami pohon pisang di tengah jalan kabupaten sebagai bentuk protes karena tak kunjung diperbaiki.

Salah seorang warga setempat Jarudin mengatakan, kondisi jalan kabupaten di Desa Kecipir tepatnya di Dukuh Kecipir-Dukuh Blangko kondisinya sangat parah. Bahkan, kondisi jalan yang rusak tersebut dibiarkan sejak 2016 lalu.

"Kondisinya sudah parah sejak 2016 lalu. Dan hingga saat ini kebijakan dari pemerintah (untuk memperbaikinya) belum ada," ungkapnya, Jumat (6/11).

Dirinya beserta masyarakat setempat berharap baik itu pemerintah ataupun anggota DPRD untuk memantau langsung kondisi jalan yang tergenang air saat hujan turun. Sehingga, mereka (pemerintah) mengetahui langsung kondisi jalan yang sudah rusak ini.

"Cobalah sekali-kali pantau kondisi jalan kabupaten di sini. Jadi tahu bagaimana kondisi di lapangan," ucapnya.

Memasuki musim penghujan seperti ini, kata dia, tak jarang masyarakat yang terpeleset saat melintasi jalan kabupaten tersebut. 

"Sekali lagi, saya mohon kepada pemerintah utnuk sekali-kali liat kondisi jalan di sini yang luar biasa rusak sekali," terangnya. (ded/ima)

Sumber: