4 Wisatawan di Jawa Tengah Positif Covid-19, Ganjar Segera Kebut Tracing Kontak

4 Wisatawan di Jawa Tengah Positif Covid-19, Ganjar Segera Kebut Tracing Kontak

Empat kasus positif Covid-19 pada wisatawan ditemukab di Jawa Tengah dari hasil random tes selama libur panjang. 

Mengetahui hal ini, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kini tengah mengebut untuk melakukan tracing kontak wisatawan yang kedapatan positif tersebut.

Hal itu disampaikan Ganjar usai memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 di Gedung A lantai 2 komplek Pemprov Jateng, Senin (2/11).

"Hasil random tes yang kami lakukan di sejumlah titik pada 28 Oktober sampai 1 November menemukan ada empat kasus positif. Keempat kasus itu berasal dari wisatawan asal Medan, Semarang, Tangerang dan Trenggalek," kata Ganjar.

Selama libur panjang kemarin, pihaknya, lanjut Ganjar, melakukan random tes dengan cara rapid tes kepada 2.645 orang. Dari jumlah itu, 119 orang dinyatakan reaktif, dan setelah di-swab PCR, ditemukan ada empat yang dinyatakan positif.

"Sekarang kami lakukan tracing tindakan-tindakan lainnya. Termasuk, koordinasi dengan daerah asal wisatawan," ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Yulianto Prabowo menerangkan, selama libur panjang 28 Oktober hingga 1 November, pihaknya menggelar random tes di 11 lokasi.

"Selain tempat wisata, random tes juga dilakukan di gerbang tol Kalikangkung, sejumlah rest area, dermaga Karimunjawa, Jembatan Timbang Ajibarang dan tempat-tempat lainnya. Dari hasil random tes itu, ada empat yang dinyatakan positif," ucapnya. (*/ima)

Sumber: