Pasien Covid-19 di Kabupaten Tegal Membludak, di Kalisapu Ada 11 Kasus Baru

Pasien Covid-19 di Kabupaten Tegal Membludak, di Kalisapu Ada 11 Kasus Baru

Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Tegal semakin bertambah. Bahkan di Desa Kalisapu Kecamatan Slawi ada penambahan 11 kasus baru yang didominasi anak usia muda.

Juru Bicara Satuan Gugus Tugas  Covid-19 Kabupaten Tegal Joko Wantoro, Senin (2/11) mengatakan, kasus terkonfirmasi Covid-19 terbanyak terjadi di Desa Kalisapu dengan 11 kasus. Berikutnya Desa Penusupan dengan jumlah 8 kasus. Khusus di Desa Kalisapu, yang terkonfirmasi Covid-19 adalah anak-anak usia sekolah.

"Data per Minggu, total terkonfirmasi Covid-19 ada 801 kasus. Dan kemarin dinkes telah melakukan swab ke 200 warga Desa Penusupan," katanya.

Pasien terkonfirmasi Covid-19 memang bertambah, tambah Joko, meski begitu ada pasien yang sudah sembuh. 

"Jumlahnya sebanyak 552 orang. Sedangkan yang meninggal dunia 53 orang," katanya. 

Pasien yang masih dirawat di rumah sakit, tambah Joko, jumlahnya 53 orang. Sementara yang menjalani isolasi mandiri ada 143. Mereka melakukan isolasi mandiri karena klinisnya baik dan tidak memiliki penyakit penyerta. 

Sedangkan untuk pasien suspect, jumlahnya sebanyak 951 orang. Dengan bertambahnya kasus tersebut, dirinya mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Utamanya memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak. 

"Saya tidak menampik, klaster Covid-18 di Kabupaten Tegal sudah banyak. Mulai dari klaster keluarga, pendidikan, perkantoran hingga pasar," tambahnya.

Namun dengan menerapkan protokol kesehatan, lanjut Joko, penyebaran virus corona dapat ditekan. Karenanya, masyarakat diminta selalu mengenakan masker kalau akan keluar rumah. Juga mencuci tangan dan menjaga jarak supaya kasus Covid-19 di Kabupaten Tegal segera berakhir. (guh/ima)

Sumber: