Diguyur Hujan Deras, Jalan Perkotaan Ketanggungan Brebes Tergenang Air

Diguyur Hujan Deras, Jalan Perkotaan Ketanggungan Brebes Tergenang Air

Persoalan klasik selalu terjadi di wilayah perkotaan Kecamatan Ketanggungan (tepatnya di pertigaan lampu merah). Seperti terjadi Minggu (1/11), hujan deras turun sekitar pukul 17.00 WIB yang mengakibatkan jalan tersebut tergenang air.

Tokoh masyarakat setempat yang juga Anggota DPRD Kabupaten Brebes M. Rizki Ubaidilah membenarkan perihal tersebut. Menurutnya, belum juga masuk puncak musim penghujan, wilayah tersebut sudah tergenang air saat hujan turun yang cukup deras.

"Di setiap hujan deras sore pasti genangan air menggenang sekitar 3-4 jam dikarenakan buruknya saluran drainase," ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan telpon genggamnya, Minggu (1/11). 

"Ini baru air hujan, belum lagi apabila debit air Sungai Babakan meningkat yang sewaktu-waktu bisa meluap ke jalan," lanjutnya.

Dijelaskannya, hujan yang turun Minggu sore tadi menggenangi jalan tersebut dengan ketinggian semata kaki orang dewasa. Padahal, di wilayah tersebut sedang ada pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ketanggungan.

"Secara kewenangan itu merupakan jalan pusat dari Jalan Jenderal Sudirman. Sedangkan di Jalan RA Kartini merupakan kewenangan provinsi," jelasnya.

Dirinya berharap, ada perhatian khusus dari pemerintah baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten dalam penanganan banjir. Pasalnya, di wilayah tersebut merupakan daerah langganan banjir setiap masuk puncak musim penghujan.

"Harus ada perhatian dari pemerintah. Jangan sampai, kejadian banjir beberapa waktu lalu yang mengakibatkan ratusan rumah tergenang banjir terjadi lagi. Jadi harus ada perhatian segera dari pemerintah," pungkasnya. (ded/ima)

Sumber: