Tekan Penyebaran Covid-19, Pemudik Diminta Tak Bawa Sanak Saudaranya ke Jakarta

Tekan Penyebaran Covid-19, Pemudik Diminta Tak Bawa Sanak Saudaranya ke Jakarta

Selain itu, tercatat pula 113.283 kendaraan yang keluar Jakarta menuju arah selatan atau melalui gerbang Tol Ciawi jalan Tol Jagorawi. Dwimawan mengimbau agar pengguna jalan tol bisa mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Sementara untuk mengantisipasi kepadatan lalulintas saat arus balik, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo menyebut telah menyiapkan sejumlah skema.

Dia menilai puncak arus balik libur panjang diprediksi terjadi pada tanggal 31 Oktober dan 1 November. "Khusus untuk kendaraan yang mengarah ke Jakarta, kita pantau peningkatan jumlah arus yang masuk gerbang tol Cikampek Utama dan gerbang tol Kalihurip Utama," katanya.

Skema yang dipersiapkan mencegah kemacetan yakni contraflow dan sistem oneway. Termasuk berkoordinasi dengan pengelola jalan tol untuk membicarakan opsi trider (petugas mendatangi kendaraan dengan membawa mesin EDC) hingga kemungkinan menggratiskan pembayaran pada pintu tol untuk mengurangi penumpukan kendaraan.

"Kalau memang antrean di gerbang tol lebih dari satu kilometer, opsi itu (gratiskan biaya tol) akan kita bicarakan dengan pihak pengelola tol," jelasnya.(gw/zul/fin)

Sumber: