Jangan Takut Ditilang, Polisi di Pemalang Sediakan Suvenir dan Segelas Jamu Tradisional saat Razia Kendaraan

Jangan Takut Ditilang, Polisi di Pemalang Sediakan Suvenir dan Segelas Jamu Tradisional saat Razia Kendaraan

Ada yang berbeda dari operasi lalu lintas Zebra Candi yang digelar Satlantas Polres Pemalang, Selasa (27/10) hari ini. Razia kendaraan yang digelar di Jalan Jendral Sudirman Pemalang itu, polisi justru membagi-bagikan suvenir. 

Jika biasanya pelanggar yang melanggar langsung dikenai sanksi tilang, polisi kali ini menyiapkan suvenir bagi pengendara yang tertib. Tak hanya suvenir, apresiasi polisi juga dilakukan dengan memberikan segelas jamu tradisional. 

Kanit Regident Satlantas Polres Pemalang Iptu Nuryanto mengatakan pemberian jamu dipilih, lantaran saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Menurutnya, selain menyegarkan badan, jamu tradisional juga bisa menjaga imunitas tubuh. 

"Untuk para pengendara yang memakai helm SNI, dapat menunjukan surat-surat lengkap, dan juga pakai masker, kami memberikan segelas jamu dan suvenir, " katanya. 

Operasi Zebra Candi itu sendiri menurutnya akan digelar selama dua minggu dengan tujuan meningkatkan ketertiban dalam berkendara

Terlihat para pengendara yang kebetulan melintas di Jalan Sudirman atau persis di depan pos polisi pun dihentikan petugas dan diminta menunjukkan surat-surat kendaraan. Barulah, jika pengendara tersebut tertib, petugas mengambilkan segelas jamu. 

Sedangkan paket sovenir yang diberikan antara lain berisi hand sanitizer, masker dan juga face shield atau pelindung wajah dari droplet untuk mencegah penularan Covid-19. 

Salah satu pengendara, Dewita mengaku, sempat kaget tiba-tiba diberi jamu dan sovenir. Sebab menurutnya hal itu tidak biasa. Ia pun berharap polisi terus mengedepankan sisi humanis dalam melakukan operasi. (sul/zul)

Sumber: