Ridwan Kamil Desain Masjid Seribu Bulan Purwokerto di Atas Tanah Seluas 15 Hektare

Ridwan Kamil Desain Masjid Seribu Bulan Purwokerto di Atas Tanah Seluas 15 Hektare

Gubernur Jabar Ridwan Kamil meninjau areal yang direncanakan didirikan Masjid Seribu Bulan, di Purwokerto, Sabtu (24/10). Perlu diketahui, desain masjid ini merupakan karya dari Ridwan Kamil.

Menurut dia, konsep dari masjid di atas tanah seluas lima hektare ini gagasannya dari malam Lailatul Qodar. "Makanya gambarnya terbagi menjadi tiga bangunan, ada bulan sabit yang jumlahnya banyak," kata dia.

Namun menurut dia, masjid ini harus dimakmurkan. "Bukan untuk mewah-mewahan. Tetapi bagaimana warga sini untuk memakmurkan," katanya.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan, anggaran nanti akan menawarkan kepada masyarakat. "Nanti kami tawarkan ke masyarakat, silakan bagi yang ingin inves akhirat menyumbang. Kami sudah mendirikan yayasan rahmatan lil'alamin untuk menampung dana dari masyarakat," katanya.

Menurut dia, anggaran untuk membangun masjid ditaksir senilai Rp40 miliar. "Kalau anggaran dari APBD kita lihat dulu disesuaikan dengan keadaan keuangan kita," katanya.

Masjid ini rencananya akan mulai dibangun pada tahun 2021 mendatang. "Areal ini nanti diberi nama area Pancasila, karena di sini selain masjid nanti ada tempat ibadah lainnya," pungkasnya. (ali/zul)

Sumber: