Antisipasi Kepadatan Libur Panjang, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin di Dalam Kota Tegal

Antisipasi Kepadatan Libur Panjang, Polisi Siapkan Rekayasa Lalin di Dalam Kota Tegal

Masa libur panjang mulai, Kamis (29/10) pekan depan, diantisipasi Polres Tegal Kota dengan menyiapkan skema rekayasa arus lalu lintas. Antisipasi itu dilakukan jika sewaktu-waktu terjadi kepadatan kendaraan saat arus mudik maupun balik melalui Jalur Pantura dalam Kota Tegal.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo mengatakan saat libur panjang dimulai, personelnya juga akan meningkatkan dan mengintensifkan patroli lalu lintas. Cara itu disiapkan untuk mengetrahui potensi kepadatan jalur arus mudik maupun balik.

"Kita sudah menyiapkan rekayasa arus lalu lintas jika terjadi kepadatan arus," katanya.

Menurut Rita, salah satu rekayasa yang akan dilakukan yakni mengalihkan arus kendaraan ke jalan lingkar utara (Jalingkut). Itu dilakukan jika arus lalu lintas terjadi kepadatan baik arus mudik maupun balik.

Selain itu, kata Kapolres, pihaknya juga akan meningkatkan patroli dan monitoring untuk mendisiplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Sebab, pada masa libur panjang patut diwaspadai juga penyebaran wabah Covid 19.

"Kita akan gencar melakukan operasi penegakan disiplin kesehatan ditempat tempat kerumunan, pusat perbelanjaan, moda transportasi, dan tempat rekreasi," ujarnya.

Patroli itu dilakukan, kata Rita, untuk memastikan masyarakat, melaksanakan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak, mencuci tangan dan tidak berkerumun. Sehingga upaya pencegahan penyebaran Covid-19 bisa dicegah. (muj/zul)

Sumber: