UKM Virtual Expo Pamerkan 104 Toko Online Jateng, Ada Free Ongkir!

UKM Virtual Expo Pamerkan 104 Toko Online Jateng, Ada Free Ongkir!

Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop-UMKM) Provinsi Jawa Tengah menggelar pameran produk UMKM secara virtual bertajuk UKM Virtual Expo.

Sebanyak 104 toko online telah memajang produknya dalam acara yang akan berlangsung pada 25 sampai 27 Oktober 2020.

Meski penyelenggaraannya tinggal menghitung hari, tetapi masyarakat sudah bisa melihat produk UMKM pada hari ini, melalui laman www.ukmvirtualexpo.com.  Masyarakat sudah bisa melihat dan membeli produk yang dipamerkan.

Terpantau di laman tersebut, Selasa (20/10) pukul 15.00 WIB. Ada empat kategori produk UMKM yang  bisa dilihat. Antara lain kategori batik, fashion dan kecantikan, kategori makanan dan minuman, kategori produk tas, sepatu, dan kerajinan kulit. Terakhir adalah kategori furniture dan dekorasi rumah. 

Masing-masing toko online itu tertera nama toko, foto produk, nama pemilik, hingga nomor telepon pemilik.

Rinciannya, untuk kategori batik, fashion dan kecantikan, di dalamnya terdapat 40 toko online yang memajang produknya. 

Selanjutnya ada kategori makanan dan minuman. Di dalam kategori ini terdapat 46 toko online terlibat seperti produk madu, abon, sate, kopi dan lainnya.  Kategori produk tas, sepatu, dan kerajinan kulit terdapat enam toko online. Kategori furniture dan dekorasi rumah terdapat 12 toko online yang memamerkan produknya.  

Total toko online dari empat kategori di UKM Virtual Expo itu ada 104 toko online.  

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop-UMKM Jateng Emma Rachmawati menjelaskan, pada hari ini masyarakat sudah bisa melihat produk dan membelinya.

“Nggih (iya). Sudah lihat aja di link itu (www.ukmvirtualexpo.com),” kata Emma dihubungi melalui telepon.

Emma menambahkan, untuk UKM yang mengikuti UKM Virtual Expo ini mendapatkan fasilitas kepesertaan UVO yang tidak dipungut biaya. Selain itu juga, mereka akan berkesempatan produknya dilihat oleh seluruh dunia, bahkan berkesempatan produknya dijual langsung oleh Gubernur Jateng Ganajr Pranowo dan Hj Nawal Nur Taj Yasin, istri wakil gubernur Jateng.

Sedangkan masyarakat yang mengikuti UKM Virtual Expo ini akan mendapat keuntungan bebas ongkos kirim (ongkir) selama even berlangsung. 

“Free ongkir selama even berlangsung, bekerjasama dengan QPosin-aja dan pemberian doorprize kepada viewer,” sambungnya lebih lanjut.

Dia menuturkan, untuk pelaksanaan UKM Virtual Expo, target yang ingin diraih adalah mendorong laju ekonomi UKM Jawa Tengah, meraih target pasar seluas-luasnya melalui pemanfaatan teknologi dan digital. 

Sumber: