385 Ibu Hamil di Brebes Jalani Tes Swab Covid-19, Hasilnya di Luar Dugaan

385 Ibu Hamil di Brebes Jalani Tes Swab Covid-19, Hasilnya di Luar Dugaan

Ratusan ibu hamil (bumil) di Kabupaten Brebes mengikuti tes swab secara serentak yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes, beberapa waktu lalu. 

Dari data yang ada, sedikitnya 385 bumil di Kabupaten Brebes telah menjalani tes swab.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Brebes Imam Budi Santoso mengatakan, 385 bumil yang dites swab tersebut tersebar di 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Brebes. Tes dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di Kabupaten Brebes.

"Dari 385 ibu hamil yang dilakukan tes swab, tujuh di antaranya hasilnya positif Covid-19," ungkapnya, Senin (12/10).

Dijelaskannya, pelaksanaan tes swab terhadap ibu hamil tidak lain untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Apalagi, ibu hamil sendiri merupakan orang yang memerlukan perhatian khusus. 

"Ibu hamil ini merupakan Orang Dengan Risiko (ODR) tertular Covid-19. Jadi, langkah swab massal ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus tersebut kepada para ibu hamil," jelasnya.

Sementara untuk ibu hamil yang terkonfirmasi positif, kata dia, sudah mendapatkan perhatian dari tenaga medis. Salah satunya pemantauan dan pemberian vitamin.

Sekedar informasi, dari data dinkes yang diupload 21 jam yang lalu, total warga Brebes yang terkonfirmasi positif ada 406 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 251 orang dinyatakan sembuh, 56 isolasi mandiri, 68 dirawat dan 31 orang dilaporkan meninggal dunia. (ded/ima)

Sumber: