Mulai Besok, Pembelajaran Jarak Jauh di Kabupaten Tegal Serentak Diberlakukan

Mulai Besok, Pembelajaran Jarak Jauh di Kabupaten Tegal Serentak Diberlakukan

Mulai besok, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Kabupaten Tegal mulai diberlakukan. Terutama bagi PAUD, TK, SD hingga SMP. Aturan ini mendasari Surat Edaran (SE) dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal.

Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Tegal Waidi, Senin (28/9) mengatakan, sesuai surat edaran dikbud tentang pelaksanaan pelayanan pendidikan pada satuan pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal, Dewan Pendidikan Kabupaten Tegal menghendaki agar seluruh
lapisan masyarakat dapat mendukung jalannya pendidikan demi kemajuan bersama untuk mewujudkan cita-cita bangsa dan negara serta keluarga. 

"PJJ ini memang harus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tegal," katanya. 

Proses PJJ atau daring, tambah Waidi, dilakukan secara serius. Sehingga siswa bisa mengikutinya dengan baik. Guru harus memantau anak didiknya masing-masing meski hanya lewat daring. Karena 
dalam SE kepala dinas dikbud itu juga menyebutkan ihwal work from home (WFH) 50 persen dan work from office (WFO) 50 persen. Utamanya bagi pegawai di lingkungan dinasnya. 

Termasuk juga memberikan teguran apabila ada pegawainya yang tidak melaksanakan WFH atau WFO sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

"Jadi nanti akan diberlakukan juga untuk WFH. Makanya seluruh sekolah harus mematuhi SE kepala dinas dikbud tadi," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Forum Komite Sekolah SMP tingkat Kabupaten Tegal Haji Maskun menambahkan, saat ini sudah ada beberapa sekolah yang melaksanakan PJJ. Apabila mulai besok dilakukan secara serentak, dirinya sangat mendukung mengingat saat ini penyebaran virus corona semakin banyak. Sehingga dinas dikbud sangat tepat mengeluarkan surat edaran tersebut. (guh/ima)

Sumber: