Hasil Swab Massal Sudah Ada yang Keluar, Kasus Positif Covid-19 di Brebes Melonjak Jadi 174 Orang

Hasil Swab Massal Sudah Ada yang Keluar, Kasus Positif Covid-19 di Brebes Melonjak Jadi 174 Orang

Swab massal yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes terhadap 1.866 orang dengan risiko (ODR), 206 di antaranya sudah keluar hasilnya. Dari 206 hasil uji swab itu, 74 di antaranya positif terpapar virus corona (covid-19).

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Brebes, Imam Budi Santoso mengatakan dari 1.866 orang yang diuji swab, baru 206 yang keluar hasilnya. Sedangkan 1.600 sisanya hinga kini masih ditunggu hasilnya.

"Dengan adanya penambahan itu, total ada 174 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Brebes hingga hari ini," ujarnya, Kamis (3/9).

Dari data Dinkes Brebes, 174 kasus itu terdiri dari 61 orang dinyatakan sembuh, 84 isolasi mandiri, 26 dirawat, dan tiga orang meninggal dunia. Imam menambahkan jumlah kasus positif di Kabupaten Brebes diprediksi bisa terus bertambah. 

"Iya kemungkinan bisa bertambah. Karena yang belum keluar hasil swabnya masih banyak," terangnya.

Meski ada lonjakan kasus Covid-19 di Brebes, masyarakat diminta untuk tidak panik. Yang terpenting, kata dia, masyarakat diminta harus mematuhi protokol kesehatan dan tetap menjaga kesehatan dengan mencuci tangan setiap hari.

"Wasapada boleh, panik jangan. Meskipun ada penambahan masyarakat diminta jangan panik, tetap harus menjaga protokol kesehatan dan menjaga jarak serta menggunakan masker saat bepergian," pungkasnya. (ded/zul)

Sumber: