Relokasi Belum Jelas, PKL Taman Pancasila Minta Pemkot Tegal Segera Realisasikan Janjinya

Relokasi Belum Jelas, PKL Taman Pancasila Minta Pemkot Tegal Segera Realisasikan Janjinya

Pedagang kaki lima (PKL) yang tergabung dalam Organisasi Pedagang Eks Taman Poci (Orpeta) menggelar aksi unjuk rasa di sekitar Taman Pancasila, Rabu (2/9) siang. Mereka menuntut kejelasan relokasi yang dijanjikan Pemkot Tegal, setelah kawasan taman di Jl. Pancasila itu direvitalisasi.

Ketua Orpeta, Edi Kurniawan mengatakan pihaknya tidak anti pembangunan. Namun seharusnya, relokasi harus diimbangi dengan sosialisasi minimal tiga bulan sebelumnya.

"Saat ini, anggota Orpeta ada 80 orang belum mendapatkan tempat relokasi. Karenanya, kita harus memperjuangkan keinginan kita," ujarnya.

Karenanya, kata Edi, pedagang menuntut kejelasan relokasi bagi pedagang Orpeta. Selain itu, juga meminta kejelasan relokasi 19 pemilik kios di sebelah utara Lapangan PJKA yang digusur.

"Kami menagih janji wali kota sesuai hasil RDP, kalau PKL Orpeta akan direlokasi ke lahan samping rumah makan," jelasnya.

Edi mendesak DPRD bersikap atas hasil RDP, terkait relokasi Orpeta. Yakni menolak penertiban yang dilakukan Satpol PP dengan alasan apapun sebelum ada kejelasan. 

Setelah menggelar orasi, para pedagang kemudian membubarkan diri. Mereka mengancam akan melanjutkan aksi selama tiga hari berturut-turut. (muj/zul)

Sumber: