Harus Jalani Isolasi Mandiri, Ada Warga Positif Covid-19 di Brebes Tidak Patuhi Protokol Kesehatan

Harus Jalani Isolasi Mandiri, Ada Warga Positif Covid-19 di Brebes Tidak Patuhi Protokol Kesehatan

Lurah Pasarbatang Kecamatan Brebes Kusuma Edi mengungkapkan, beberapa hari terakhir pihaknya mendapatkan keluhan dari masyarakat setempat. Pasalnya, ada salah seorang pasien yang melaksanakan isolasi mandiri tetapi kurang mematuhi protokol kesehatan.

"Tapi tadi sudah kita berikan penegasan ke yang bersangkutan (pasien yang menjalankan isolasi) untuk mematuhi protokol kesehatan bersama TNI-Polri dan tim kesehatan dari puskesmas terdekat," ungkapnya.

Dalam penegasan tersebut, kata dia, dirinya memberikan arahan kepada pasien yang isolasi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Salah satunya, untuk sementara tidak kontak erat dengan orang lain. Ini sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19.

"Dan jika tidak mematuhi protokol kesehatan, pihaknya dan tim medis akan merujuk pasien tersebut untuk isolasi di RSUD," ucapnya.

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat setempat untuk tidak mengucilkan pasien yang sedang menjalankan isolasi mandiri. 

"Yang bersangkutan butuh dukungan dari kita. Jadi, saya harap masyarakat tidak mengucilkan pasien yang sedang melakukan isolasi mandiri," pungkasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Brebes Imam Budi Santoso meminta kepada pasien Covid-19 untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada. Ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona ke yang lain.

"Harus ada komitmen dari yang bersangkutan agar tidak menularkan ke yang lain," ungkapnya, Selasa (1/9).

Meski demikian, kata dia, harus ada dukungan dari masyarakat setempat dalam proses penyembuhan pasien yang diisolasi. Salah satunya, tetap mendukung proses selama penyembuhan.

"Harus ada dukungan dari masyarakat setempat. Sehingga proses penyembuhan dengan cara isolasi mandiri bisa berjalan dengan maksimal," ucapnya.

Seperti diketahui, jumlah pasien Covid-19 di Kabupaten Brebes mencapai 99 kasus. Jumlah itu terdiri dari 61 orang dinyatakan sembuh, 24 orang dirawat, 11 orang isolasi mandiri dan tiga orang meninggal dunia. (ded/ima)

Sumber: