Bertambah Empat Orang, Positif Covid-19 di Kabupaten Tegal Tembus 86 Kasus

Bertambah Empat Orang, Positif Covid-19 di Kabupaten Tegal Tembus 86 Kasus

Pasien positif Covid-19 di Kabupaten Tegal bertambah empat orang. Namun, dari jumlah tersebut, tiga orang di antaranya sudah sembuh.

Hal ini diungkapkan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tegal dr Joko Wantoro, Jumat (28/8) kemarin. Dia menjelaskan tiga pasien positif Covid-19 yang sudah sembuh yakni, seorang perempuan berinisial H (60), warga Desa Kajen Kecamatan Lebaksiu, seorang laki-laki berinisial IA (37), warga Desa Pengabean Kecamatan Dukuhturi, dan seorang perempuan berinisial SL (50), warga Desa Pagerbarang Kecamatan Pagerbarang.

Sedangkan pasien positif yang masih dirawat yakni, seorang laki-laki berinisial MK (18), warga Desa Srengseng Kecamatan Pagerbarang. "Tiga orang yang sudah sembuh itu, semuanya isolasi mandiri," kata Joko.

Dia menjelaskan, H adalah mertua sekaligus kontak erat dari SPL (32), kasus pasien konfirmasi asal desa yang sama. SPL sudah dinyatakan sembuh pada Jumat (14/8) lalu. Sedangkan, H baru dinyatakan sembuh, Rabu (26/8).

Kemudian pasien IA, sempat menjalani uji cepat dengan hasil reaktif di RSUP dr. Kariadi Semarang saat memeriksakan matanya, Selasa (28/7) lalu. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan spesien swab keesokan harinya di tempat yang sama.

Hasil pemeriksaan laboratorium keluar Kamis (13/8). IA dinyatakan positif terpapar virus Corona. Sementara pada Rabu (26/8), IA dinyatakan sembuh setelah menjalani isolasi mandiri di rumahnya.

"Sedangkan untuk pasien SL, dinyatakan sembuh juga hari Rabu (26/8) kemarin," sambungnya.

Joko mengemukakan, SL merupakan tenaga fungsional kesehatan di Puskesmas Pagerbarang. Ia merupakan kontak erat dari kasus konfirmasi TA, 44, asal Desa Randusari, Kecamatan Pagerbarang. TA sendiri sudah dinyatakan sembuh sejak Sabtu (8/8) lalu.

"Seluruh karyawan dan tenaga medis di Puskesmas Pagerbarang akhirnya di-swab. Alhamdulillah, hasilnya nonreaktif," ujarnya.

Joko melanjutkan, satu pasien yang masih dirawat di RSUD dr Soeselo Slawi yakni MK. Sebelum dirujuk di rumah sakit, pasien yang masih berusia 18 tahun ini sempat menjalani perawatan di Puskesmas Pagerbarang dengan keluhan sesak nafas, batuk, dan tenggorokan sakit.

Semula, pihak keluarga tidak mengaku jika MK ada riwayat perjalanan luar kota. Namun, setelah melihat tanda gejalanya mirip Covid-19 dan dilakukan anamnesa ulang, pihak keluarga baru mengakui jika MK habis pulang dari Jakarta.

"Benar saja, hasil uji cepatnya reaktif dan MK pun dirujuk ke RSUD dr Soeselo,” ucapnya.

Dia menambahkan, jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Tegal totalnya 86 orang. Rinciannya, pasien yang sudah sembuh 70 orang dan 6 orang masih dirawat.

"Yang meninggal dunia 10 orang," imbuhnya. (yer/zul/gun)

Sumber: